Lihat ke Halaman Asli

Penghuni Dunia

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Disetiap sudut dibumi ini memiliki beberapa belahan benua yang dipisahkan oleh laut yang berpecah belah menjadi ribuan pulau di belahan dunia saat ini, dan semua itu membuat penghuni yang ada dibumi menjadi beraneka ragam, budaya, ras dan suku bangsa, dan penghuni disetiap wilayah diberbagai Negara di dunia dibentuk dari berkumpulnya masyarakat.

Dan pada kesempatan untuk saya menulis saat ini dalah tentang unsur dari masyarakat tersebut, awal dari penulisan kali ini berawal dari apa itu masyarakat ??? masyarakat adalah orang orang yang hidup bersama disuatu wilayah dan daerah dan membentuk suatu kebudayaan. Jadi setia wilayah yang ada dibelahan dunia mempunyai penghuni yaitu masayarakat dan setiap dari mereka mempunyai kebudayaan yang berbeda pula tergantung dari letak geografis yang mereka miliki.

Banyak pula pengertian tentang masyarakat menurut para ahli salah satu dari beberapa pengertian tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menurut Selo Sumardjan masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

2. Menurut Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.

3. Menurut Emile Durkheim masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.

4. Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

Masayarakat meliliki unsure-unsur yang dapat membentuk masyarakat dan menurut Soerjono Soekanto alam masyarakat setidaknya memuat unsur sebagai berikut ini :

1. Berangotakan minimal dua orang.

2. Anggotanya sadar sebagai satu kesatuan.

3. Berhubungan dalam waktu yang cukup lama yang menghasilkan manusia baru yang saling berkomunikasi dan membuat aturan-aturan hubungan antar anggota masyarakat.

4. Menjadi sistem hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan serta keterkaitan satu sama lain sebagai anggota masyarakat.

Dan artikel ini dibuat untuk bisa mengetahui apa itu masyarakat dan unsure-unsur yang membentuk masyarakat itu tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline