Lihat ke Halaman Asli

Arnold Mamesah

TERVERIFIKASI

Infrastructure and Economic Intelligent - Urbanomics - Intelconomix

Opera Sabun TanTio alias Tanpa Three in One

Diperbarui: 14 April 2016   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="rynari.wordpress.com"][/caption]Opera Sabun

TanTiO bukanlah eksekutif muda Gen-Y yang setiap pagi dan petang harus masuk ke kawasan Three in One (TiO); bukan juga sopir pribadi atau joki penyedia jasa untuk mem-paripurnakan jumlah penumpang dalam kendaraan pribadi. TanTiO hanyalah pengganti istilah Tanpa Three in One yang merupakan penggalan judul artikel terdahulu. (Lihat artikel : Tanpa Three in One untuk Eliminasi Dampak).

Pemahaman Opera Sabun mirip Sinetron yang sering ditampilkan stasiun televisi dengan kisah sambung menyambung berkepanjangan bahkan terkesan bertele-tele. Tapi tidak dapat disangkal opera sabun atau sinetron banyak penggemarnya bahkan alur kisahnya (sering kali fiktif) menjadi bahan pergunjingan yang menarik.

Apakah Opera Sabun TanTiO akan bernasib demikian ?

Kebijakan Usang

Sudah banyak diulas bahwa aturan yang diberlakukan pada kawasan Three in One (TiO) tidak berhasil mencapai tujuan semula untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Sementara pertumbuhan kawasan pusat bisnis metropolitan Jakarta berjalan pesat, jumlah kendaraan pribadi bertambah sejalan dengan peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan. Pada sisi infrastruktur jalan, pertambahannya jauh tertinggal dibandingkan pertumbuhan kendaraan pribadi termasuk juga sarana angkutan umum atau transportasi publik.

Seakan dipicu maraknya kasus eksploitasi anak untuk menjadi joki TiO, Gubernur DKI Jakarta segera memanfaatkan "moment of truth" untuk menjajal kebijakan baru yang berdasar pada nalurinya. Dampak aturan TiO bukan saja pada joki dan eksploitasi anak yang mengakibatkan masalah sosial juga perilaku penegak hukum; sementara permasalahan kemacetan lalu lintas terus mendera masyarakat. Uji coba Tanpa TiO segera dilaksanakan untuk masa 7 (tujuh) hari kerja yang berakhir pada 13 April 2016. 

Dari hasil pertemuan Dinas Perhubungan Pemda DKI Jakarta, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro pada 14 April 2016 telah disepakati dan diputuskan bahwa Uji Coba Penghapusan Three in One Diperpanjang hingga 14 Mei 2016. Terlepas dari kesepakatan yang dicapai, ada proses pembelajaran yaitu semangat "gawe bareng" Pemda DKI dan Polda Metro Jaya. Hal tersebut demi mengupayakan kelancaran lalu lintas dan kepentingan masyarakat; dan yang tidak kalah penting sikap pamong serta pengayom yang ditampilkan kedua pihak tersebut serta jauh dari sikap "menang sendiri". (Lihat : Ahok Tak Berani Hapus "Three in One" jika Tak Didukung Polisi dan Polisi Dukung Perpanjangan Uji Coba Penghapusan "Three in One")

Perubahan Perilaku

Terlalu berlebihan jika mengharapkan solusi dari tulisan pendek ini; juga mengatakan bahwa kebijakan baru seperti penerapan ERP (Electronic Road Pricing), Nomor Ganjil Genap, 4 in 1 dan tersedianya transportasi masal seperti MRT dan LRT akan menjamin jalanan metro Jakarta bebas kemacetan. Tetapi yang perlu diperhatikan dan diupayakan adalah Perilaku Masyarakat dalam berkendara dan menggunakan transportasi publik.

Tanpa keberadaan Three in One akan mengubah pola dan jam kerja bagi dunia usaha dan perkantoran dalam kawasan TiO; sehingga tidak terikat dan terbelenggu dengan berbagai "hambatan" TiO termasuk fleksibilitas dalam mengatur kedatangan atau kepulangan. Juga, kesesakan pada jalan alternatif untuk menghindarai TiO akan berkurang sehingga mengurangi beban jalan kecil yang justru menimbulkan kemacetan akibat tingginya volume kendaraan yang lewat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline