Lihat ke Halaman Asli

Arni

Mahasiswa

Analisa Bahasa Tubuh yang Baik Ketika Presentasi

Diperbarui: 5 Januari 2023   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ketika kita melakukan sebuah presentasi pastinya kita berharap agar audiens dapat memperhatikan dan bahkan  memahami materi yang kita sampaikan. 

Suksesnya sebuah presentasi tidak hanya dipengaruhi oleh isi materi yang disampaikan saja tetapi ada beberapa hal yang mempengaruhi kesuksesan sebuah presentasi salah satunya yaitu bahasa tubuh presentator. Apabila seorang presentator memiliki bahasa tubuh yang baik ketika melakukan presentasi maka biasanya audiens akan lebih tertarik untuk memperhatikan presentasi. 

Lalu bagaimana bahasa tubuh yang baik ketika presentasi??

a. Ekspresi Wajah

Ekspresi Wajah sangat penting bagi presentator. Dengan ekspresi wajah yang ceria biasanya akan lebih menarik perhatian audiens dibandingkan ekspresi wajah yang murung atau sedih.

b. Kontak Mata

Kontak mata mempunyai peran yang penting juga dalam sebuah presentasi. Apabila seorang presentator melakukan kontak mata dengan audiens maka audiens akan merasa bahwa ia sedang berkomunikasi dengan presentator dan audiens pun. Kontak mata yang baik adalah ketika presentator mampu melihat kesetiap sudut tempat atau audiens namun dengan cara yang elegan. Apabila presentator hanya melakukan kontak mata kesatu arah saja biasanya audiens akan mengira bahwa presentator tersebut tidak menguasai presentasi sehingga audiens kurang tertarik untuk memperhatikan presentasi. 

c. Gerakan Tangan

Salah satu bahasa tubuh yang paling penting yaitu gerakan tangan. Seorang presentator yang meletakkan tangannya dibelakang atau disamping tubuhnya tanpa melakukan gerakan tangan ketika presentasi akan terlihat kurang menarik dibandingkan orang yang melakukan gerakan tangan. Namun gerakan tangan disini jangan dilakukan secara berlebihan karena akan terlihat bahwa presentator gugup dan kurang menguasai materi. Gerakan tangan yang elegan dan sesuai dengan materi akan lebih menambah daya tarik ketika presentasi.

d. Cara berdiri

Seorang presentator yang siap melakukan presentasi akan terlihat relax dan berdirinya akan tegap. Ditambah dengan sedikit berjalan ke kanan atau kiri tempat presentasi namun tetap terlihat elegan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline