Lihat ke Halaman Asli

Arneta Meihua Inaya

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat

Atasi Masalah Sampah, TPS Sementara Menjadi Solusi Tim PBL Kelompok 12 FK ULM di Desa Aranio RT.03

Diperbarui: 24 Agustus 2023   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Kelompok 12

Kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) merupakan rangkaian kegiatan yang dijalankan oleh Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran di Universitas Lambung Mangkurat. Kegiatan tersebut memiliki 3 tahap yaitu PBL 1, 2, dan 3. Pada kegiatan PBL 1, mahasiswa Kesehatan Masyarakat telah menyelesaikan pelaksanaan diagnosa komunitas khususnya pada Desa Aranio RT.03 tim kelompok 12 mendapatkan permasalahan utama masyarakat yaitu pengelolaan sampah. Hal ini didapatkan melalui kuesioner diagnosa komunitas dan pengambilan data primer secara kualitatif melalui proses Focus Group Discussion dengan para aparat desa serta Masyarakat.

Selang beberapa bulan dari kegiatan PBL 1, mahasiswa siap turun kembali ke lapangan untuk menjalankan kegiatan intervensi kesehatan sesuai dengan permasalahan yang didapatkan melalui proses diagnosa komunitas. Kegiatan intervensi yang dilakukan di Desa Aranio khususnya wilayah RT.03 adalah penyediaan TPS Sementara dari drum bekas pakai. Intervensi ini dipilih kelompok berdasarkan beberapa pertimbangan matang dan proses musyawarah serta advokasi dengan masyarakat dan aparat desa setempat.

Dokumentasi Kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Kelompok 12

Tim kelompok 12 menyediakan 6 drum plastik yang diletakkan pada tiga lokasi strategis yaitu Sungai Kembang, Rumah Dinas PLN, Gang Bedeng SDN 1 Aranio. Tujuan dari peletakan TPS sementara pada tiga titik lokasi tersebut agar jarak masyarakat dan TPS sementara tidak terlalu jauh sehingga sampah rumah tangga dapat dibuang pada tempatnya. Selain itu, program intervensi ini juga bekerja sama dengan beberapa pihak terkait seperti pengangkut sampah yang menggunakan tosa. Tiga lokasi yang disebutkan sebelumnya merupakan lokasi strategis yang mudah dijangkau baik masyarakat maupun pengangkut sampah.

Selain penyediaan TPS sementara, kelompok juga memberikan edukasi dan sosialisasi terkait pengelolaan sampah yang baik dan benar. Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemilihan kader ASRI (Aranio Sehat dan Bersih) sebagai wujud perpanjangan tangan program intervensi kesehatan dari pihak mahasiswa kepada masyarakat Desa Aranio RT.03 untuk dapat melanjutkan program tersebut secara mandiri nantinya.

Dokumentasi Kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Kelompok 12




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline