Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman MOPDB

Diperbarui: 18 Agustus 2015   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Hari Pertama Mos. Senin, 27 Juli 2015
` Hari pertama masuk, saya mencari kelas saya yang diatur sesuai gugus. Saya gugus empat. Kakak vj gugus empat adalah kang Rama Wiyasa dan Teteh Zakia Mawar. Dikelas kita memperkenalkan diri kita sendiri. Pada saat itu kakak-kakak osis memberikan tugas yaitu peralatan yang akan dipakai untuk mos hari berikutnya. Berikut peralatan yang harus dibawa.
1. Name Tag
Name tag ini menurut saya agak aneh, karena di name tag itu ada foto berdiameter 21 cm yaitu wajah peserta mos yang harus botak atau tidak ada rambutnya. Dan tali name tag itu berasal dari tali ban dalam yang di kepang, di bagian samping name tag itu harus ada foto peserta mos bersama kakak osis laki-laki dan perempuan.
2. Topi
Topi ini berasal dari bola bekas dan memakai pita berwarna silver dan emas.
3. Tas
Tas terbuat dari baju bekas dan talinya terbuat dari tali ban dalam yang di kepang.
4. Kalung
Kalung terbuat dari tutup botol merah, sedotan berbentuk bunga, dan bandul kalungnya dari tutup botol berwarna emas.
5. Tali Sepatu
Tali sepatu bagian kanan berwarna merah dan bermotif love. Bagian kiri berwarna putih bermotif plkadot.
6. Kaos kaki garis-garis full color.
7. Bagi yang memakai jilbab, kerudungnya di kepang dan dikasih pita merah dan putih.
Dilapangan para osis memperkenalkan nama mereka dan kelas mereka. Ada sekitar 50 orang lebih kakak osis memperkenalkan diri. Setelah itu masing-masing gugus masuk ke kelas masing-masing. Dikelas kakak vj memberikan yel-yel untuk gugus empat. Mereka juga memberitahukan yel-yel SMAN 16.
Hari Kedua Mos. Selasa, 28 Juli 2015
Hari ini saya memakai perlengkapan mos yang dianjurkan. Dan saya membawa makanan yang harus dibawa, yaitu;
1. Susu ngantuk, yaitu susu bantal.
2. Wafer sampai tujuan, yaitu wafer selamat.
3. Cadburry, yaitu coklat.
Saya juga membawa balon gas untuk diterbangkan di sekolah sebagai tanda pembukaan mos yang telah diresmikan. Dikelas saya duduk bersama Trielman, yaitu teman SMP saya di SMPN 6 Bekasi.
Hari ini semua peserta mopdb SMAN 16 Bekasi mengikuti apel pagi untuk tahu apa saja yang akan dilakukan pada hari ini. Setelah itu kita memasuki kelas masing-masing. Di kelas beberapa kakak osis memasuki kelas untuk melihat perlengkapan mos yang dipakai peserta. Dan yang perlengkapannya masih salah maju ke depan kelas. Di kelas hampir semua peserta mempunyai name tag yang salah termasuk saya. Dan salah satu kakak osis meminta saya mengganti pita yang ada di jilbab dengan warna merah dan putih bermotif, karena sebelumnya pita di jilbab saya hanya berwarna merah putih tanpa motif apapun.
Setelah itu salah satu guru memasuki kelas saya untuk menyampaikan materi, materi yang disampaikan pada hari ini adalah tentang tata tertib. Setelah mendengarkan materi, kita istirahat. Pada saat istirahat kita di minta untuk mengumpulkan tanda tangan para kakak osis. Pada saat itu saya hanya mendapat 4 tanda tangan. Setelah istirahat, kita kembali ke kelas untuk mendengarkan materi lagi dari salah satu guru. Guru yang masuk ke kelas saya adalah Bunda Wahyu, ia menyampaikan materi tentang kurikulum.
Jam terakhir kita dikumpulkan di lapangan untuk apel siang, setelah itu kita boleh meminta tanda tangan lagi kepada kakak osis, dan saya mendapatkan sepuluh tanda tangan. Setelah itu saya pulang kerumah dan mempersiapkan makanan-makanan yang akan di bawa untuk hari besok.

Hari Ketiga MOS. Rabu, 29 Juli 2015
Hari ini saya masih memakai perlengkapan mos yang dianjurkan. Dan membawa makanan minuman, yaitu;
1. Minuman ampas jeruk, yaitu plupy orange
2. Chiki preman (chiki chitato)
3. Coklat bakso cina di rak minuman, yaitu chunky bar
Pada waktu itu saya duduk dengan Devi Safitri. Hari ini seperti biasa kita apel pagi untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan pada hari ini. Setelah itu memasuki kelas, di kelas kita bermain games yang bernama 3, 6, 9 tepuk tangan, yang kalah harus menerima hukuman. Setelah bermain games, salah satu guru member materi tentang Wawasan Wiyata Mandala. Setelah itu istirahat, saya bersama teman saya meminta tanda tangan kepada kakak osis kembali. Setelah itu memasuki kelas untuk menerima materi kembali. Pada saat pulang sekolah, saya meminta tanda tangan lagi kepada kakak osis. Dan hari ini adalah hari terakhir kita meminta tanda tangan kepada kakak-kakak osis. Total tanda tangan yang saya dapatkan selama dua hari adalah sebanyak 25 tanda tangan.

Hari keEmpat Mos, Kamis, 30 Juli 2015
Pada hari ini saya tidak mengikuti mos karena sakit. Hari ini sudah tidak memakai perlengkapan mos, pesrta hanya memakai baju putih dan celana training. Hari ini saya sudah menyiapkan surat kakak ter, tetapi karna saya tidak masuk suratnya tidak saya berikan ke kakak osis. Hari ini teman saya memberitahu saya kalau hari kamis peserta mos hanya bermain permainan outbone.

Hari keLima Mos. Jum’at, 31 juli 2015
Pada hari ini saya memakai baju olahraga SMP dan membawa makanan yang di anjurkan. Di sekolah kita mengikuti apel pagi, seperti biasa kita diberi tahu apa saja yang akan di lakukan hari ini.
Hari ini kita tidak memasuki kelas, kita semua dikumpulkan di lapangan. Saya tidak terlalu ingat apa saja yang dilakukan pada hari ini. Pada saat istirahat peserta mos dianjurkan untuk mencari tempat yang teduh untuk beristirahat. Saya dan teman-teman saya berkumpul untuk memakan makanan yang kita bawa masing-masing. Untuk yang tidak membawa makanan, dibolehkan membeli makanan di kantin. Waktu itu saya membawa makanan nasi goreng, tetapi tidak saya makan dan saya memakan roti yang saya beli di kantin sekolah.
Setelah itu kita boleh selfie bersama kakak osis dan peserta lainnya. Saya dan teman-teman selfie bersama kakak vj dan kakak osis lainnya.
Setelah itu kita boleh pulang kerumah masing-masing. Waktu itu saya dan teman saya menunggu orang tua kita yang menjemput. Setelah kurang lebih menunggu sekitar 20 menit, saya dijemput oleh kakak saya dan saya pulang kerumah untuk istirahat.

Hari Terakhir Mos. Sabtu, 1 Agustus 2015
Pada hari ini saya memakai baju pramuka SMP dan juga membawa makanan kalau kita lapar. Disekolah kita mengikuti apel pagi untuk mengetahui apa saja yang akan kita lakukan disekolah. Pada saat itu pak Hery bilang bahwa ada salah satu polisi yang akan memberikan amanat kepada peserta mos yang yang menggunakan kendaraan motor. Tetapi polisi tersbut tidak datang ke sekolah.
Kita di sekolah belajar tentang dasar-dasar PBB pramuka. Setelah itu dari Sembilan gugus, dibagi menjadi tiga kelompok untuk belajar dasar-dasar PBB bersama kakak osis. Dan kelompok saya yang mengajarkan PPB adalah kak Andhika. Di pramuka perempuan harus tersenyum dan menjadi wanita kuat. Sedangakan yang laki-laki harus menjadi laki-laki yang tegas. Kita diajarkan tentang hormat yang benar, balik kanan, hadap kanan, lancang depan, setengah lancang kanan, dan lain-lain. Pada saat tegak, tubuh kita harus benar-benar tegak dan tangan kita harus mengepal di sisi tubuh dan tangan kita harus kuat.
Setelah latihan dasar-dasar PBB kita dikumpulkan dilapangan. Dan kita akan keliling sekitar sekolah. Gugus satu sampai gugus lima kearah yang ditentukan, begitu juga gugus enam sampai Sembilan berjalan kearah yang ditentukan.
Kita berbaris dari mulai gugus satu diikuti kakak osis sekbit satu, diikuti gugus dua dan diikuti kakak osis sekbit dua, lalu diikuti kembali oleh gugus gugus tiga dan diikuti kakak osis sekbit tiga, lalu diikuti gugus empat dan diikuti kakak osis sekbit empat, diikuti kembali oleh gugus lima dan terakhir kakak osis sekbit lima.
Dijalan kita membagikan makanan untuk orang-orang sekitar. Dijalan tali sepatu saya terlepas dan saya berhenti dijalan untuk membenarkan tali sepatu. Setelah membenarkan tali sepatu saya jalan kembali dan beberapa saat kemudian tali sepatu saya terlepas kembali dan saya membenarkan kembali tali sepatu saya.dan saya jalan kembali, setelah itu tali sepatu saya terlepas kembali dan saya mulai kesal. Setelah keliling sekolah, kita dikumpulkan dilapangan untuk mengikuti apel siang. Setelah itu kita semua boleh istirahat dan berkumpul sesuai gugus masing-masing. Gugus empat pada waktu itu selfie bersama kakak osis untuk kenang-kenangan. Inilah cerita mos saya saat di SMAN 16 Bekasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline