Lihat ke Halaman Asli

Cegah Penyebaran Covid-19 pada Keluarga Selepas Berpergian

Diperbarui: 27 Maret 2020   16:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saatini COVID-19 semakinmerajaleladanmasihselalumenjadi topic nomer 1 yang hangatdiperbincangkanolehdunia. COVID-19 merupakan virus yang menyerangsistempernapasanmanusiadandapatmenciptakan rasa sesakluarbiasa yang menyababkanmenurunnyaimuntubuhbahkankematian

Kabarmengenaimewabahnya virus COVID-19 di dunia yang saatinijugatelahmenyerang Indonesia membuatseluruhmasyarakat Indonesia khusunya, merasakankekhawatiran yang luarbiasa. Traffic penyebaran yang terusmeningkat di Indonesia menyebabkanmasyarakatbanyakmelaukanhal-halpencegahan yang berlebihansepertimembeli masker dan hand sanitizer dalamjumlahbanyaksebagaistokuntukbeberapabulankemudian. Tidakhanyaitu, bahkantidaksedikit supermarket yang diburuolehmasyarakatkelasatasuntukmembelisembakodankebutuhanhariandalamjumlahbanyak.Padahaltindakansepertiitudapatmerugikanmasyarakatlain yang jugamembutuhkan.

Sebenarnya rasa khawatir yang berlebihanhanyaakanmenimbulkan rasa panic yang akanmerugikandirisendiribahkan orang lain. Sebenarnyabanyakcaralebihpenting yang dapatdilakukanuntuklebihwaspadadalammenghadapisituasisaatini. Misalnyaolahraga, makanmakananbergizi, istirahatcukupdanselalumengikutilangkah-langkahhimbauandaripemerintahseperti social distancing, self quarantine, menerapkan PHBS (PolaHidupBersihSehat), dsb.

Saatinilangkahterbaik yang dapatkitalakukanadalahberdiamdiridirumah, belajar, berkerjasertamelakukanaktifitasapapundarirumah.Kenapa?Supayakitaterhindardarikontaklangsungdengan orang lain yang tidakpernahkitaketahuikondisinya, selainitudenganmenerapkan social distancing kitadapatmembantupemerintah Indonesia dalammeminimalisirpenyebaran COVID-19 yang padaakhirnyadapatmemutusrantaipenyebaranwabah virus tsb.

Nah, bagaimanajikankitabelumbisamelakukan social distancing berdasarkaninstuksipemerintah?Karenamasihharusberangkatkekantoruntukbekerjamisalnya, ataukarenaadakeperluansangatpenting yang tidakbisadilakukandarirumah? Meskibegitukamubisamelakukanbeberapahalberikutketikapulangdariberpergianya

  • Lepassepatu di pintu, sebelummasukkedalamrumah
  • Semprotkan alcohol desinfektanpadasepatu, pakaian, ponseldanperangkatkerjalainnya
  • Buangsemuatandaterimapembelian, kwitansi, dll yang bisasudahtidakdipergunakan
  • Masukrumahbertelanjang kaki, langsungcucitanganbersih-bersihdengansabun
  • Bukapakaian, langsungsimpanpakaiankotordikeranjanguntukdicuci
  • Segeramandi, keramasdangosokgigi
  • Setelahbersihbarulahkitaberkumpuldengankeluarga.

Yuk cobalakukanbeberapahaldiatas agar kitadankeluargaterhindardariserangan virus.Janganluparutinkonsumsi multivitamin dansuplement yang dapatmeningkatkanimuntubuhAndadankeluargaya, PropolisAshihaPROmisalnyasalahsaturekomendasi anti-virus alamidansuplemen yang dapatdikonsumsiuntukmeningkatkanimuntubuhAndadankeluarga, jaditidakperlupanikdalammenghadapi virus yang sedangmewabahsaatini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline