Lihat ke Halaman Asli

Teori lev Vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 17 Januari 2025   18:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan yang mengemukakan teori tentang perkembangan sosial dan kognitif anak. Meskipun keduanya membahas perkembangan anak, pendekatan dan konsep mereka berbeda secara signifikan. Berikut adalah penjelasan teori keduanya:

---

Teori Lev Vygotsky

Vygotsky menekankan peran interaksi sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif anak. Teorinya dikenal sebagai Sosiokultural.

Konsep Utama Teori Vygotsky:

1. Zone of Proximal Development (ZPD):

ZPD adalah jarak antara kemampuan anak saat ini (yang dapat dilakukan sendiri) dan kemampuan potensialnya (yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain).

Perkembangan terjadi ketika anak dibantu oleh orang dewasa atau teman sebaya melalui scaffolding (dukungan sementara yang disesuaikan dengan kebutuhan anak).

2. Scaffolding:

Bantuan atau dukungan yang diberikan kepada anak untuk menyelesaikan tugas yang berada dalam ZPD mereka. Bantuan ini akan berkurang seiring dengan meningkatnya kemampuan anak.

3. Bahasa sebagai Alat Penting:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline