Lihat ke Halaman Asli

Armelia MarsaNabila

Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan Website Pemasaran Digital Melalui Pelatihan Pembuatan Konten dan Promosi Prosuk Unggulan

Diperbarui: 13 Oktober 2023   02:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

   Sumber: dokumen pribadi

Tim pengabdian Universitas Negeri Malang telah melakukan kegiatan pengabdian pada 25 mitra mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berprofesi sebagai pengusaha mengenai kebutuhan pemanfaatan website pemasaran digital dengan pembuatan konten dan promosi produk. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari bekerja sama dengan tim Ahli sebagai narasumber yang handal dalam bidang konten promosi website pemasaran digital.

Kegiatan pengabdian ini mempersyaratkan adanya lima tahapan pencapaian tujuan belajar dan target-target sasaran wirausaha UMK yang berbeda. Secara umum, kelima tahapan itu difokuskan pada upaya mencapai tujuan untuk memberikan bekal pengalaman tioritik dan praktik, dari penguasaan teori ke pembentukan kemampuan yang bersifat aplikasi. Kegiatan yang dilakukan selama pengabdian adalah pemaparan pentingnya identifikasi produk unggulan usaha yang dimiliki dalam kaitannya dengan upaya menggiatkan promosi dan pemasarannya di jalur online, membuat data spesifikasi produk usaha yang dikelola dan produk produk unggulan yang ingin dipasarkan melalui jaringan website online, memanfaatkan website https//www.goodank.um.ac.id sebagai media dan sarana pemasaran produk hasil-hasil usaha dan industri peserta kegiatan, bekerjasama dengan para mitra program promosi UM, dan membuat rancangan pengembangan usaha.

Selama kegiatan berlangsung, terdapat perbedaan persepsi tentang kebutuhan dasar mahasiswa di satu sisi dan dimensi-dimensi Kewirausahaan pada sisi lainnya. Perbedaan persepsi ini muncul karena adanya perbedaan tingkat pengetahuan, pemahaman, dan kebutuhan tentang kewirausahaan baik pada kelompok dosen maupun di kalangan mahasiswa.  Ditemukan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami oleh para pelaku UKM antara lain yaitu minimnya informasi yang didapatkan terkait penggunaan media sosial sebagai sarana branding. Selain itu terbatasnya pemanfaatan dinas terkait untuk membantu memasarkan produk menjadi kendala utama mereka.

Sumber: dokumen pribadi

Sumber: dokumen pribadi

Kemudian, setelah adanya pelatihan dan pemberdayaan mahasiswa melalui program ini, usaha yang dijalankan oleh mahasiswa memiliki perkembangan dalam bentuk konten marketing yang mereka hasilkan. Secara keseluruhan, hasil yang didapatkan akibat dari adanya program ini memiliki kesetaraan hasil yakni mahasiswa mampu membuat konten marketing yang menarik sesuai dengan trend yang ada sehingga dapat memperlancar arus masuk pesanan bagi produk mereka.  

Program P2M Penerapan IPTEKS untuk Usaha Mikro, Kecil (UMK) ini dilakukan sebagai bagian dari kegiatan kerja LPM, yang akan diselenggarakan lintas jurusan dan terkait dengan perintisan program pengembangan keterampilan alternatif wirausaha UMK di bidang kerja usaha. Program IPTEKS ini dilakukan untuk memberikan pengalaman teoritis dan praktis kepada wirausaha UMK agar dapat menerapkan tata nilai dan prinsip-prinsip dasar wirausaha melalui penguasaan dan pemantapan teori ke dalam konteks aplikasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline