Tim pengabdian Universitas Negeri Malang telah melakukan kegiatan pengabdian pada UKM kain tenun desa pringgasela mengenai kebutuhan digital branding yang berkaitan dengan marketing produk kreatif di Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari bekerja sama dengan kelompok UKM Kain tenun Pringgasela dan Dinas Koperasi dan UMKM Lombok timur.
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan branding produk local secara digital. Kegiatan yang dilakukan selama pengabdian adalah pemaparan pentingnya branding produk, pemahaman tentang pentingnya penggunaan sarana digital untuk pemasaran dan branding produk, serta penjelasan tentang pentingnya hak paten untuk desain batik yang dimiliki oleh desa pringgsela.
Selama kegiatan berlangsung, ditemukan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami oleh para pelaku UKM antara lain yaitu minimnya informasi yang didapatkan terkait penggunaan media sosial sebagai sarana branding. Selain itu terbatasnya pemanfaatan dinas terkait untuk membantu memasarkan produk menjadi kendala utama mereka.
Hal yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu pembuatan website tenun pringgasela. Tujuan pembuatan website yaitu sebagai sarana untuk memperkenalkan tenun desa pringgasela kepada khalayak umum dan sebagai media untuk memasarkan produk tenun ke Masyarakat. Berikut merupakan website tenun yang sudah dirancang tenunpringgasela.com.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H