Lihat ke Halaman Asli

Perencanaan Bisnis

Diperbarui: 19 Januari 2024   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERENCANAAN BISNIS

Perencanaan bisnis adalah proses mendefinisikan tujuan bisnis dan merumuskan langkah-langkah sistematis yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan bisnis mencakup pengambilan keputusan tentang arah masa depan bisnis dan penyusunan rencana konkret untuk mewujudkan arahan tersebut. secara lengkap beberapa hal yang berkaitan dengan perencanaan, diantaranya yaitu pengertian perencanaan, tujuan dan fungsi dari perencanaan, serta berbagai jenis dari perencanaan.

Pengertian Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis adalah proses mendefinisikan tujuan bisnis dan merumuskan langkah-langkah sistematis yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan bisnis mencakup pengambilan keputusan tentang arah masa depan bisnis dan penyusunan rencana konkret untuk mewujudkan arahan tersebut.

Perencanaan juga dapat diartikan sebagai suatu proses merencanakan tindakan atau kegiatan yang akan dilakukan pada masa yang akan datang dengan tujuan untuk mencapai hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.Perencanaan dapat berupa perencanaan strategis, perencanaan taktis, dan perencanaan operasional. 

Perencanaan strategis melibatkan penetapan tujuan jangka panjang dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan taktis melibatkan penetapan tindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan jangka pendek. Perencanaan operasional melibatkan penetapan tindakan harian yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

adapun perencanaan bisnis memiliki kegiatan :

1. Menetapkan visi, misi, dan tujuan bisnis jangka pendek maupun jangka panjang

2. Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal bisnis

3. Menilai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis

4. Merumuskan strategi bisnis dan inisiatif strategis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline