Lihat ke Halaman Asli

Herdian Armandhani

Pemuda yang Ingin Membangun Indonesia Melalui Jejaring Komunitas

Bali Trip and Fellowship Rotaract Club District 2660 Japan

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13836592181610581532

Rotaract Clubmerupakan organisasi sosial non profit yang berada dibawah naungan Rotary Club Internasional. Keanggotaan Rotaract Club adalah mereka yang berusia 18-30 tahun dan berasal dari berbagai latar belakang profesi seperti mahasiswa, bidan, pegawai negeri sipil (PNS), wiraswasta, agen asuransi, pegawai Bank, guru, freelance, dan lain sebagainya. Rotaract Club saat ini telah berkembang hampr diseluruh belahan dunia mulai dari benua Asia, Afriks, Eropa, Amerika, dan Australia. Di dalam organisasi Rotaract Club sendiri adalah lima service avenue divisi yaitu Professional Development, Community Service, Club Service, International Service ,dan Finance. Divisi International Service disini berperan sangat penting untuk menjalin persahabatan dan dapat melakukan kegiatan antar negara-negara yang memiliki organisasi Rotaract Club. Dengan adanya kerjasama dengan Rotaract Club di negara lain turut juga memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia.

Rotaract Club of Denpasar Bali kali ini sebagai wujud nyata sebagai organisasi kepemudaan internasional pada tanggal 3 dan 4 November 2013 berkesempatan menhandle kegiatan internasional bertajuk Bali Trip and Fellowship Rotaract Club District 2660 Japan. Dalam kegiatan tersebut Rotaract Club kedatangan tamu 31 tamu yang berasal dari Rotaract Club di Provinsi Osaka, Jepang. Sebelumnya rombongan Rotaract Club dari Provinsi Osaka berada di Provinsi Yogyakarta selama 3 hari 2 malam dan telah diperkenalkan mengenai kebudayaan yang ada di Pulau Jawa. Kunjungan Rotaract Club dari Provinsi Osaka Jepang dipanitiai oleh Rotaract Club Yogyakarta Area.

Rotaract Club District 2660 Osaka, Jepang tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali pada hari minggu malam pukul 19.30 wita dengan menumpang salah satu maskapai penerbangan terkenal di Indonesia. Rombongan dijemput oleh member Rotaract Club of Denpasar Bali yaitu I Putu Karmana dan Wayan Rahayu. Rombongan Rotaract Club District 2660 Osaka Jepang setibanya di Bali langsung dibawa ke Villa Diana di kawasan jalan Sunset Road untuk dijamu makan malam. Panitia yang telah bersiap di lokasi makan malam telah mempersiapakan kalung bunga dan bunga jepun yang telah dipetik untuk dikalungkan dan dipasangan ditelinga para anggota Rotaract club District 2660 Osaka, Jepang.

Acara pada hari pertama (3/11) 2013 adalah sambutan dari Rotarian Yoshicika Kubo (Chairman of Rotaract District 2660 Osaka, Jepang). Dalam sambutannya Bapak Kubo mengatakan bahwa sangat bahagia bisa berkunjung ke Pulau Bali untuk sharing project sosial , mengenal kebudayaan yang ada di Bali serta untuk mempererat tali persahabatan antara neara Jepang dengan Indonesia. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh District Rotaract Representative (DRR) 2660 Takahiro 2660 dan District Governor 3420 Imam Mudjari. Rotaract Club of Denpasar Bali juga mengundang perwakilan Rotaract Club yang ada di Pulau Bali diantaranya Rotaract Club of Bali Kuta, Rotaract Club of Bali Taman, Rotaract Club of Bali Ubud, Rotaract Club of Bali Nusa Dua, Rotaract Club of Bali Canggu, dan Rotaract Club of Bali Renon. District Rotaract Representative 3420 Farnas Adi dan District Rotaract Representative Elect 3420 I Putu Widya.P juga turut diundang pada jamuan makan malam di Villa yang sering menjadi kunjungan wisatawan mancanegara ini.

Makan malam yang berlangsung sangat hangat ini dijadikan ajang untuk berkomunikasi antar Rotaract Club berbeda negara dan kebudayaan ini. Para anggota Rotaract Club baik dari Osaka dan Pulau Bal saling bertukar kartu nama dan berbincang mengenai kegiatan di masing-masing Rotaract Club mereka. Acara hiburan diisi atraksi dari Rotaract Club of District 2660 Osaka Jepang dengan tarian modern sejenis gangnam style yang terkenal di Provinsi Osaka, Jepang dan lipssing lagu AKB 48 yang dibawakan para gadis Rotaract Club District 260 Jepang. Sedangkan dari Rotaract Club of Denpasar Bali melakukan atraksi permainan tradisiional Bali bernama naga balon dan turut mengajak para Rotaract asal negeri sakura ini having fun. Acara hari pertama ditutup dengan pertukaran cinderamata Rotaract Club yang ada di Bali dengan Rotaract Club District 2660 Osaka, Jepang.

Jalan-Jalan Menikmati Pulau Bali

Hari kedua (4/11) 2013 kunjungan Rotaract Club District 2660 Osaka Jepang diisi dengan kegiatan bersenang-senang. Rata-rata anggota Rotaract Club District 2660 Osaka, Jepang tersebut belum pernah berkunjung atau sekedar menikmati alam Bali. Semua anggota Rotaract Club District 2660 Jepang pada pukul 08.00 wita melakukan kegiatan turtle release di salah satu tempat wisata rekreasi di daerah tanjung benoa nusa dua. Turtlr release adalah kegiatan melepas tukik (bahasa bali :anak kura-kura). Tukik yang dilepas ditempatkan dalam mangkuk plastic yang diiisi nama tukik yang akan dilepas sejumlah 53 tukik. Setelah melas tukin rombongan diajak menaiki kapal motor boat untuk melihat penagkaran penyu di turtlr island. Bukan hanya penyu saja yang dapat disaksikan disini tetapi berbagai sagwa langka yang dilestariakan karena terancam punah akibat habitatnya rusak.

Puas berkunjung di turtle island rombongan Rotaract Club District 2660 Osaka Jepang, rombongan diajak bermain permainan di tempat rekreasi air. Disini rombongan dapat memilih permainan seperti speed boat, paracailing, banana boat, dan flyisng fish. Lanjut kemudian rombongan diajak ke obyek Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK), Komplek kawasan Pura Uluwatu untuk melihat tari kecak, makan malam di Melasti Resto melihat pemdangan pantai kelan yang indah dan berbelanja ke Rama Krisna Pusat oleh-oleh yang sering dikunjungi para artis Indonesia dan mancangera. Rombongan Rotaract Club District 2660 Osaka, Jepang bertolak kembali ke negaranya pada pukul 23.00 wita. Komentar semua anggota club sangat positif mengenai kunjungan ke Pulau Dewata dan akan kembali suatu saat kelak.

[caption id="attachment_290189" align="aligncenter" width="300" caption="Saat melepas tukik (sumber : dok.pri)"][/caption] [caption id="attachment_290193" align="aligncenter" width="300" caption="Foto bareng sehabis melepas tukik (sumber : dok.pri)"]

138365945452157362

[/caption]

[caption id="attachment_290198" align="aligncenter" width="300" caption="Peserta di Turtle Island (sumber :dok.pri)"]

13836599451919788079

[/caption] [caption id="attachment_290201" align="aligncenter" width="300" caption="Rombongan menyaksikan tari kecak di kawasan Pura Uluwatu (sumber : dok.pri)"]

13836604781612308024

[/caption] [caption id="attachment_290204" align="aligncenter" width="300" caption="Perpisahan dengan panitia sebelum balik ke Osaka, Jepang (Sumber : Dok.Pri)"]

13836611831738571582

[/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline