Lihat ke Halaman Asli

Herdian Armandhani

Pemuda yang Ingin Membangun Indonesia Melalui Jejaring Komunitas

Menyoal Iklan Layanan Masyarakat KPA Bertema Ibu Hamil

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Saat jeda iklan acara di televisi selain ditayangkan iklan komersial break berupa produk makanan, minuman, dan pakaian tentu ada tayangan iklan lain yang berseliweran sambil menunggu acara yang kita saksikan kembali tayang. Salah satunya adalah iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat yang sering tayang di stasiun televisi kita rata-rata dari pemerintah atau dinas-dinas terkait.Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi ke masyarakat supaya masyarakat bisa lebih mengetahui informasi seperti kebijakan pemerintah, pencegahan suatu penyakit, atau pengumuman tata caramengurus dokumen bagi masyarakat. Kebetulan beberapa hari ini penulis melihat tayangan iklan masyarakat yang dipersembahkan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA). Iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh KPA mengambil sudut pandang seorang ibu hamill yang ditinggal suaminya sedang bertugas diluar kota.

Ibu hamil tersebut merasa khawatir bila suaminya yang sedang tugas diluar kota berselingkuh dengan menyewa wanita pekerja seks komersial. Ada sebuah kekhawatiran mengenai si ibu hamil ini bila ternyata suaminya memang benar suka bermain api dengan kupu-kupu malam. Nah, untuk itulah dalam pesan iklan layanan masyarakat tersebut sebelum menikah harusnya kedua pasangan suami istri ini memeriksakan kesehatannya danmengikuti tes AIDS. Namun, yang disayangkan dalam tayangan ini adalah adanya sensor terhadap cara mencegah AIDS dengan konsep ABCDE. Pada Butir C yaitu condom kalimat condom disensor. Padahal penggunaan kondom merupakan tindakan preventif agar seseorang terhindar dari virus HIV AIDS.

Harusnya kalimat kondom tidak perlu diblur saat penayangan iklan layanan masyarakat mengenai bahaya dan pencegahan penyakit AIDS dengan mengambil sudut pandang ibu hamil. Kesannya iklan layanan masyarakat ini seperti setengah hati untuk memberantas dan menurunkan resiko terkena AIDS. Apa karena kalimat kondom dianggap tabu diangkat di iklan layanan masyarakat?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline