Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa MBKM Membangun Desa UM Melakukan Sosialisasi dan Pendampingan Pemasaran Online di Desa Sidodadi

Diperbarui: 13 November 2022   19:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto bersama (Dokpri)

Tim MBKM Membangun Desa UM melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pada tanggal 15 Oktober 2022 salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini adalah sosialisasi tentang pemasaran online dan juga pendampingan pembuatan dan penggunaan salah satu e-commerce yaitu shopee dengan dibantu oleh salah satu dosen FEB UM yaitu Bapak Slamet Fauzan S.Pd., M.Pd.

Penyampaian Materi oleh Bapak Slamet Fauzan  (Dokpri)

Penyampaian Materi oleh Mahasiswa KKN  (Dokpri)

Latar belakang dari terbentuknya program kerja ini dikarenakan saat melakukan survei para pelaku usaha masih banyak yang sulit untuk melakukan pemasaran dan bersaing menggunakan teknologi, hal ini terjadi karena para pelaku usaha juga terkendala oleh kemampuan dalam mengoperasikan teknologi.

Oleh karena itu, dari permasalahan yang dialami para pelaku usaha, kami melakukan sosialisasi dan pendampingan dengan pengenalan aplikasi shopee untuk membantu para pelaku usaha berjualan secara online, sehingga media para pelaku usaha untuk berjualan dan melakukan promosi dalam menjualkan produknya lebih luas lagi karena platform yang digunakan oleh para pelaku usaha diharapkan dapat menambah pendapatan untuk setiap usaha.

Dengan adanya kegiatan pemberdayaan UMKM ini para pelaku usaha dapat belajar untuk menggunakan platform shopee dalam memperkenalkan produk usahanya. Dengan memanfaatkan platform online untuk menjalankan suatu usaha maka dapat meningkatkan efisiensi, menghemat biaya, lebih mudah melakukan kontrol terhadap barang, memperoleh pasar yang lebih luas, dan transaksi lebih praktis karena sistem pembayaran yang berbasis digital juga.

Dengan terlaksananya program kerja ini, diharapkan para pelaku usaha dapat lebih siap bersaing dengan pasar yang lebih luas lagi, dan juga bisa membuat usahanya dapat dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya disekitar Desa Sidodadi saja dan juga membuat usahanya lebih besar lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline