Lihat ke Halaman Asli

Arlisa Thufailah Zuhro

A long life learner

Mahasiswa KKN Persemakmuran 2024 Sukses Gelar Talkshow: Stop Bullying dan Pernikahan Dini

Diperbarui: 31 Juli 2024   08:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi

Mengangkat dari persoalan yang ada, pernikahan dini merupakan salah satu problem yang terjadi di desa Grujugan Kidul. Menurut United Nations Children's Fund (UNICEF), pernikahan dini diartikan sebagai pernikahan yang terjadi ketika berusia di bawah 18 tahun. Untuk itu, mahasiswa KKN Persemakmuran Eks IAIN Sunan Ampel menggelar talkshow dengan tema "Stop Bullying dan Pernikahan Dini."

Berlokasi di SMP Nurul Huda, kegiatan talkshow ini dilaksanakan pada hari Rabu, 24 juli 2024 yang dihadiri oleh 76 siswa mulai dari kelas 7 -9 SMP Nurul Huda. Wardah selaku Wakil Kepala Sekolah SMP Nurul Huda menyampaikan dalam sambutannya bahwa materi tersebut sesuai dengan permasalahan yang baru saja terjadi dimana terdapat salah satu muridnya yang berhenti sekolah akibat dari pernikahan dini. Beliau juga berharap sosialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa sehingga membantu mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik bagi masa depan.

Acara talkshow ini menghadirkan 2 narasumber yang tak lain adalah mahasiswa KKN dari posko 5. Aprilianto Sania Putra dari IAIN Madura sebagai narasumber 1 menyampaikan materi mengenai pernikahan dini. 

Narasumber menjelaskan bahwa pernikahan dini memiliki dampak buruk salah satunya yaitu langgengnya kemiskinan dalam suatu keturunan. Selain itu juga dapat berpengaruh kepada kesehatan dan tumbuh kembang seorang bayi. Oleh karena itu, pernikahan dini seharusnya dicegah agar dapat memutus angka kemiskinan serta stunting pada suatu daerah.

Sedangkan narasumber 2 yaitu Muhammad Putrajaya dari UIN Sunan Ampel Surabaya menjelaskan materi mengenai bullying, dimana hal ini merupakan suatu perkara yang acap kali ditemui di kalangan remaja terutama anak SMP. 

Bullying adalah suatu perilaku yang disengaja dan memiliki tujuan untuk menyakiti, merendahkan, atau mendominasi orang lain secara emosional, fisik, atau mental. Narasumber juga menjelaskan mengenai dampak negatif dari pembullyan salah satunya yaitu dapat menjerumuskan seseorang ke dalam narkoba.

Dari materi yang telah dipaparkan, kedua narasumber berharap agar para siswa SMP Nurul Huda tidak terjerumus pada pilihan yang salah dan membuka mindset mereka akan dampak dari pernikahan dini dan berhati-hati dalam bertindak serta berucap, dikarenakan sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasanya akibat dari bullying benar-benar dapat merusak kesehatan mental seseorang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline