Lihat ke Halaman Asli

Arlini

Menulis berarti menjaga ingatan. Menulis berarti menabung nilai kebaikan. Menulis untuk menyebar kebaikan

Belajar Menjadi Ibu Ideal dari Zaskia Adya Mecca

Diperbarui: 13 Juli 2020   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.instagram.com/zaskiadyamecca

Zaskia Adya Mecca, dalam salah satu video youtubenya menceritakan tentang caranya mengatasi emosi. Terutama sama anak-anak. Menurutnya menjaga perasaan anak-anak itu sangat penting. Sebab menumpahkan kemarahan pada anak ataupun memukul mereka bakal menimbulkan bekas di hati. Hati anak-anak yang sudah terluka tidak baik bagi perkembangan mereka.

Jadi sebisanya mungkin Zaskia nggak bakal menunjukkan kemarahan di depan anak-anak. Saat marah timbul, yang pertama dia lakukan adalah segera berpindah tempat. Bila ia sedang di dapur misalnya, anak-anak bikin sebel maka ia segera pergi ke ruangan lain. Setelah emosi lumayan stabil maka ia akan kembali menemui sang anak dan berbicara baik-baik dengannya.

Menjadi Ibu Memang Berat 

www.instagram.com/zaskiadyamecca/

Ibu adalah sekolah pertama dan utama bagi anak. Sejak dalam kandungan informan terdekat anak adalah ibu. Jika ibu mengisi benak anak dengan berbagai informasi positif, maka baiklah tumbuh kembangnya. Demikian sebaliknya. Tak sekedar berbentuk informasi lisan, anak juga peniru ulung loh. Mereka bakal meniru gerak gerik ayah ibunya. So, orangtua harus berhati-hati dalam bersikap.

Disisi lain, beratnya jadi ibu juga tampak dari berbagai tanggung jawab lainnya yang dipikul ibu. Mereka bertanggung jawab atas gizi otak anak alias kebutuhan ilmu anak. Ibu juga bertanggungjawab atas gizi tubuh anak. Ibu harus menjadi ahli kuliner. Ibu pun harus menjadi ahli kesehatan. Ibu juga yang harus menajdi ahli manajemen keuangan. Ibu pun sebagai ahli interior ruangan. Luar biasa.

Saat anak-anak masih bayi, ibu sering begadang. Si anak tidak kenal siang atau malam. Banyak tidurnya. Sehingga ketika anak sering bangun malam, menangis minta susu, ibu pun terpaksa melek buat anak. Luar biasa. Jadi kalau para ibu emosional, wajar sih ya secara naluriah. Sebab capek fisik dan pikiran menjadi pemicu utama seseorang gampang marah.

Kebayang kan gimana beratnya jadi Zaskia Adya Mecca yang punya anak empat. Insya allah sebentar lagi anaknya bakal jadi enam. Wow. Hari gini, disaat kampanye KB, Dua Anak Cukup digencarkan, tentu Zaskia dan suami menjadi pasangan yang berani repot. So, keterampilan Zaskia mengatur emosi di depan anak patut diacungi jempol dong ya.

Perasaan Anak Paling Penting

www.instagram.com/zaskiadyamecca

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline