Lihat ke Halaman Asli

Arlindya Sari

Karyawan swasta yang bercita-cita menjadi fulltime mom & blogger, tertarik dengan dunia politik dan travelling

Sensasi Kelezatan Nusantara di Kampoeng Tempo Doeloe"

Diperbarui: 6 Juni 2018   07:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dok. Pribadi)

Apa sih makanan kesukaan kamu? Masakan lokal atau western? Tahu kan kalau rendang menjadi makanan terlezat di dunia? Nah, nyatanya masakan Nusantara tak kalah lezat kan, bahkan lebih lezat dari masakan western. Jadi bangga dong dengan masakan Nusantara, so mari cintai produk dalam negeri.

Mencicipi kuliner Nusantara sendiri pastinya membuat lidah bergoyang karena racikan aneka rempahnya nan kental. Lalu, dimana sih kita bisa mencicipi beragam kuliner Nusantara ini? Disini nih tempatnya, di Kampoeng Tempo Doeloe yang digelar di area Mall Kelapa Gading.

Kampoeng Tempo Doeloe adalah salah satu rangkaian event Jakarta Food & Fashion Festival (JF3) yang rutin diadakan tiap tahun. Tahun 2018 ini merupakan tahun ke-15 event JF3 dan Kampoeng Tempo Doeloe yang berlangsung 5 April - 6 Mei 2018 ini, akan memanjakan lidah sekaligus mengobati rasa kangen akan masakan Nusantara yang jarang kita temui sehari-hari.

Saat berkeliling menyusuri jajaran gerobak kuliner, mata saya langsung tertuju pada stand Coto Makassar. Masakan khas Makassar ini telah terkenal kelezatannya. Sayangnya saya belum pernah mencobanya. Berkat JF3 Ini, saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan langsung memesan seporsi Coto Makassar dengan harga Rp.35.000,-. Hhmm, ternyata memang lezat, kuahnya kental dan pas bumbunya. Apalagi ada pilihan isi berupa daging atau paru. Saya ketagihan dengan perpaduan paru dan kuah Coto Makassar ini.

(Dok. Pribadi)

Selesai menyantap menu utama, saya berkeliling lagi mencari kuliner cemilan, dan langkah saya pun terhenti di depan stand yang menjual cempedak goreng dan colenak. Pikir saya, jarang sekali saya temui cemilan ini, mumpung disini jadi saya pesan saja 1 porsi cempedak goreng seharga Rp.10.000,-. Cempedak gorengnya disiram saus gula merah pula, semakin legit rasanya di lidah.

(Dok. Pribadi)

Tahun ini Kampoeng Tempo Doeloe mengusung tema kuliner khas Indonesia berupa aneka soto dari berbagai daerah di Indonesia. Soto memang makanan khas Indonesia dan tiada duanya di dunia. Dan, di event kali ini, terpilihlah 10 soto terbaik yang ada di Jakarta untuk ditampilkan. Penasaran soto apa saja dan gimana sensasi rasanya?Berikut ini pengalaman kami, para Kompasianer Penggila Kuliner (KPK) saat berkunjung sekaligus silaturahmi pada Minggu 29 April lalu di Kampoeng Tempo Doeloe.

(Dok. Pribadi)

1. Pallubasa Onta

Masakan asal Makassar ini kuahnya begitu kaya rempah, terlihat dari butiran cengkeh diatas kuahnya. Isinya daging dan jeroan. Ditambah lagi sensasi kuning telur setengah matang. Sudah terbayang kan kelezatannya?

(Dok. Pribadi)

2. Soto Kadipiro

Soto ini kuahnya bening dan gurih dengan ciri khas suiran daging ayam kampung. Maknyus dong daging ayamnya.

20180429-122023791546150-5ae86087f13344046a4124c3.jpg

3. Soto Sapi Trisakti
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline