Lihat ke Halaman Asli

Arlinda Kristinawati

Mahsiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNJ

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Diperbarui: 15 November 2020   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh :  Arlinda Kristinawati


( Mahasiswa Pendidikan Sosiologi  UNJ )

Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan siswa maupun mahasiswa di masa pandemi covid 19 yang terjadi pada awal bulan Februari 2020 sampai dengan sekarang yaitu bulan November 2020 menjelang akhir tahun. Dalam keadaan seperti saat ini, dunia sedang diuji dengan suatu permasalahan kesehatan yaitu Pandemi Corona (Covid-19) ini yang sangat berpengaruh juga pada setiap aspek kehidupan. Bukan hanya satu atau dua negara yang terkena pandemi (Covid-19), tapi ratusan negara yang sudah terserang oleh pandemi (Covid-19). Sehingga banyak Negara membuat kebijakan terutama dalam bidang pendidikan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona ini dengan cara belajar secara daring atau pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang sudah jauh berkembang pesat diseluruh dunia. Seiring dengan perkembangan teknologi memberikan pengaruh besar di dunia, bahkan hingga ke setiap aspek kehidupan manusia. Dalam bidang Pendidikan perkembangan teknologi yang begitu pesat ini sangat memberikan kemudahan bagi para siswa maupun mahasiswa untuk belajar secara mandiri melalui komputer atau media elektronik lainnya, belajar seperti ini dikenal dengan istilah e-learning.

Kemajuan di bidang teknologi akan mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan dalam kehidupan sosial masyarakat. Dengan demikian terjadi pergeseran-pergeseran nilai-nilai dalam masyarakat. Oleh karena itu Menurut (Karl Marx) akibat adanya perkembangan akan menghilangkan fase atau struktur masyarakat terdahulu. Paradigma baru yang muncul terkait dengan proses pembelajaran yang tidak lagi menggambarkan pertemuan tatap muka di dalam kelas, meskipun konsep interaksi sosial di dalamnya tetap dipertahankan, kini telah diterima secara luas dan telah begitu mempengaruhi dan berdampak pada kehidupan manusia. Kehadiran teknologi Internet memudahkan orang untuk melakukan interaksi tanpa terikat oleh ruang dan waktu lagi.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sekarang menjadi pilihan utama karena adanya pandemi virus Corona (Covid-19I. Pembelajaran jarak jauh adalah suatu pendekatan pembelajaran yang pada pelaksanannya tidak bertatap muka secara langsung di kelas. E-learning bisa digunakan dalam kondisi seperti ini, karena berbasis internet yang berarti tidak perlu datang ke kelas. Beberapa contoh alat yang bisa dipakai saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai dari Whatsapp group, Zoom, Google meet, Youtube, Google Classroom dan sebagainya. Dan karena itu, E-learning semakin menjadi pilihan karena dapat menghemat biaya, waktu dan lebih fleksibel serta solusi yang tepat di saat terjadi pandemi seperti sekarang yaitu Covid-19 Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Dalam pembelajaran e-learning atau pembelajaran berbasis internet yaitu menggunakan Web Course, karena tidak di perlukannya tatap muka secara langsung. Dan e-learning ini sendiri lebih mudah belajar di mana saja, lebih mandiri dalam belajar, lebih efektif dalam belajar. Karena sekarang menghadapi perkembangan teknologi. Dalam segi pembelajaran, materi yang digunakan pada saat pembelajaran tatap muka dengan materi Pembelajaran Jarak Jauh itu sama. Tapi dalam masa pandemi seperti ini dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh, masih ada beberapa siswa atau mahasiswa yang kurang keterampilannya dalam menggunakan ilmu teknologi, karena tidak semua siswa atau mahasiswa itu dari orang yang sudah terbiasa sejak dini. Ada juga yang dari desa yang belum mengenal jauh lebih dalam soal internet. Dalam Pembelajaran jarak jauh ada juga kendala dari E-learning ini, yaitu :

*Listrik bisa padam ketika sedang menakses program pembelajaran

*Jaringan internet yang buruk

*Komitmen dari orangtua yang tidak menentu

*Ketidaktahuan IPTEK

*Kesalahpahaman antara tenaga pendidik dan siswa atau mahasiwa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline