Lihat ke Halaman Asli

Arliana Ardani

Nursing Student Writter

Tips dan Trik Atasi Insomnia yang Meningkat di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 24 April 2022   14:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Adanya penyakit COVID-19 yang menyebar luas di berbagai wilayah yang menimbulkan pandemi tentunya sangat mempengaruhi pola hidup pada masyarakat. Seperti status kesehatan, status ekonomi dan lainnya. Dengan adanya perubahan tersebut yang sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari tentunya sangat menyulitkan dan dapat menimbulkan stress berlebih. Adanya stress yang berlebihan dapat menimbulkan masalah lain, yang bisa menggangu kesehatan, seperti terjadinya Insomnia. Masalah insomnia bukan lah suatu hal yang baru dan asing di masyarakat, namun di masa pandemi ini  masalah insomnia pada masyarakat pun ikut meningkat karna faktor stress yang berlebih. Dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur, terutama pada malam hari. Penderita insomnia umumnya tidak bangun dalam keadaan fresh atau segar. Keadaan tersebut tentunya sangat menggangu karna  akan mempengaruhi perasaan dan suasana hati. (Masriadi.,2021).

Seseorang yang mengalami insomnia akan merasa lemas, loyo, kurang bersemangat, masih mengantuk dan juga perasaan tidak enak lainnya. Karna pada umumnya seseorang memerlukan waktu istirahat yang cukup agar tubuh mampu melanjutkan kegiatan lainnya dengan baik dan maksimal. Kebutuhan tidur pada setiap orang berbeda-beda, orang dewasa sehat tidur 7 - 8 jam sehari. (Masriadi.,2021).

Insomnia yang terjadi dapat di akibatkan karna adanya perubahan stres yang dialami. Ketika seseorang memiliki pola tidur yang baik dan cukup maka akan menjadikan tubuh yang lebih sehat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan juga peningkatan gairah hidup. Dan sebaliknya, ketika seseorang mengalami gangguan seperti insomnia, hal tersebut dapat meningkatkan gangguan mental, daya konsentrasi berkurang dan juga dapat mempengaruhi kehidupan seksual setiap orang. Namun apabila terlalu sering memanjakan diri dengan banyak tidur juga akan mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit. (Mochamad Isa J.,2014)

Tidur dan istirahat penting untuk menjaga kesehatan. Kekurangan atau tidak adanya tidur tidak langsung mengancam jiwa. Tetapi apabila dibiarkan terus menerus akan menyebabkan berbagai gangguan atau kondisi yang lebih buruk. (Patrii Ineke, Juhdelina.,2020).  Tidur dipercaya berperan dalam pemulihan kondisi fisiologis dan psikologis. Tidur yang berkualitas bermanfaat dalam memelihara fungsi jantung dan fungsi biologis lain. Tubuh menyimpan energi selama tidur. (Winasari Sri, Wji Julian., 2021). Ketika seseorang memiliki pola tidur yang baik maka akan menjadikan tubuh yang lebih sehat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan juga peningkatan gairah hidup.

Berikut Tips and Trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia :

1. Menciptakan Suasana Kamar atau Tempat Tidur dengan Rapi dan Bersih

Kondisi kamar tentunya sangat mempengaruhi kenyamanan saat tidur dan yang perlu di perhatikan agar mendapatkan kualitas tidur yang baik yaitu : kebersihan kamar, kerapian kamar, pemilihan warna cat tembok yang di sukai juga bisa membuat kondisi kamar lebih nyaman dan enak dipandang.

2. Teknik Deep Breath (Menarik Napas Sedalam Mungkin)

Dengan teknik Deep Breath ini dapat membantu tubuh agar lebih rileks dan tenang sehingga bisa tidur membantu dengan cepat. Hal yang perlu dilakukan dengan tarik nafas panjang dan hembuskan secara perlahan-lahan. Tindakan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat melakukan Deep Breath secara otomatis tubuh akan menurunkan ketegangan otot dan saraf. Oksigen yang diambil pun menjadi lebih banyak sehingga memberikan efek relaks ke seluruh tubuh.

3. Terapi Murottal Al Qur'an

Terapi ini dapat membantu mengatasi Insomnia. Terapi Murottal Al Qur'an dapat dilakukan setiap hari dan dilakukan pada jam 21 :00 atau disesuaikan dengan waktu anda sebelum tidur, saat melakukan hal ini dianjurkan untuk memakai headset. Dengan mendengarkan lantunan Alquran dapat memberikan ketenangan dan kesejukan hati serta dapat meredakan rasa cemas sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur. (Safitri, Endang.,2021).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline