Lihat ke Halaman Asli

Arla kalyana

Biologi SMA

Cintai Lingkungan III

Diperbarui: 11 November 2019   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sesampainya di rumah, ayah Alvern menceritakan kabar gembira yang berkaitan dengan masalah yang ada di kecamatan narmada kepada Alvern, setelah Alvern mendengar kabar gembira itu, dia menceritakannya kepada Elizabeth dan teman-teman sekelasnya. Setelah semua warga kecamatan narmada mengetahui kabar gembira itu, Alvern mempunyai ide untuk membenahi keadaan alam yang ada di sekitar desa itu. Alvern membicarakan tentang idenya dengan semua teman sekolahnya dan semua gurunya, dan ide positif Alvern sangat di sambut dengan baik oleh semua warga sekolah.

Satu bulan kemudian gubernur Provinsi NTB mendatangi lokasi pertambangan batu bara illegal secara mendadak bersama Pak Lurah di kecamatan narmada, Pak Gubernur memutuskan untuk menutup pertambangan illegal itu dan berjanji akan memberi bantuan air bersih. Akhirnya, bersama-sama Alvern dan warga kecamatan narmada menanam kembali hutan yang hampir gundul.

Dua tahun kemudian Alvern bersekolah di SMA N 1 Narmada. Hutan di sebelah utara kecamatan narmada telah subur kembali dan sungai yang mengalir di sebelah timur kecamatan narmada sudah agak bersih. Besok lusa, masa tugas ayah Alvern di Provinsi NTB telah berakhir, tapi hal ini membuat Alvern sedikit berat hati untuk meninggalkan tempat ini. setelah diberi tahu bahwa Alvern telah didaftarkan di salah satu sekolah di Australia oleh pemilik perusahaan rumah sakit tempat ayah Alvern bekerja sebagai ungkapan terima kasih karena Alvern telah membuat kecamatan narmada dan beberapa kecamatan lainnya yang terkena dampak limbah pertambangan illegal menjadi seperti sedia kala. Akhirnya, mau tidak mau Alvern harus pergi ke Australia.

Besok lusanya, Alvern dan ayahnya kembali ke Bandung. "Alvern, terima kasih ya, kamu telah berjasa untuk kecamatan narmada dan beberapa kecamatan lainnya yang terkena musibah yang sama dengan tempat ini. Kami akan menyatukan kecamatan narmada dengan kecamatan lainnya menjadi suatu kecamatan yang akan berpusat di kecamatan narmada, jika nak Alvern berkenan, Alvern bisa memberikan nama kecamatan yang akan kita bangun ini." kata Pak Lurah kecamatan narmada.

"Baiklah, saya akan memberinya nama kecamatan Lestari, dengan ini saya berharap alam yang ada di kecamatan Lestari bisa terus terjaga keasriannya." Jawab Alvern.

"Oh iya, ini kenang-kenangan dari kita semua. Semoga kamu tetap mengingat kita." Sahut Elizabeth dengan menyodorkan album foto kenangan untuk Alvern. Sebelum beranjak ke mobil, Alvern berterima kasih kepada seluruh warga kecamatan lestari atas segalanya dan berjanji jika ada waktu dia akan menyempatkan untuk mendatangi kecamatan narmada atau yng sekatang disebut kecamatan lestari.

Tamat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline