Lihat ke Halaman Asli

UNAMIN OFFICIAL

LKPU Divisi Jurnalistik Universitas Muhammadiyah Sorong

Proyek Kolaboratif dalam Pembelajaran Teknologi ala Mahasiswa UNAMIN: Meningkatkan Pemahaman dan keahlian Melalui Bootcamp dan Kelompok Studi Otodidak

Diperbarui: 31 Desember 2023   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar : LKPUunamin

Dalam era digital yang terus berkembang, mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sorong (UNAMIN) merasakan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian teknologi. Fokus utama mereka adalah menggunakan proyek kolaboratif sebagai alat untuk mencapai tujuan ini, terutama melalui metode bootcamp dan kelompok studi otodidak.

Mengapa Kolaborasi?

Proyek kolaboratif memberikan kesempatan untuk menggabungkan keahlian individu dan membentuk tim yang kuat dengan beragam pengetahuan. Ini tidak hanya memperluas cakupan pemahaman, tetapi juga membangun keterampilan interpersonal yang sangat dihargai di dunia kerja.

Bootcamp: Landasan Pembelajaran yang Intensif

Bootcamp menawarkan pengalaman pembelajaran intensif yang membantu mahasiswa mendalam ke dalam topik teknologi dengan cepat. Ini bukan hanya teori, tetapi juga penerapan praktis, membentuk dasar yang kokoh untuk proyek kolaboratif.

Kelompok Studi Otodidak: Pembelajaran Mandiri yang Terarah

Melalui kelompok studi otodidak, mahasiswa belajar secara mandiri dengan terarah. Proses ini melibatkan riset, penelusuran sumber daya, dan mengembangkan keterampilan problem-solving yang esensial untuk menghadapi tantangan teknologi. Namun, pembelajaran mandiri juga bisa ditingkatkan dengan adanya teman yang mendukung.

Pembelajaran Mandiri Bersama Teman: Sesi Sharing dan Penyelesaian Masalah

Pembelajaran mandiri tidak selalu berarti bekerja sendirian. Mahasiswa UNAMIN mengembangkan pendekatan yang melibatkan 1 atau 2 teman sejawat yang memiliki sifat support satu sama lain. Mereka tidak hanya mendukung dalam menghadapi kesulitan, tetapi juga aktif dalam sesi sharing ide dan penyelesaian masalah. Ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan memberikan motivasi tambahan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Studi Kasus: Keberhasilan Proyek Kolaboratif di UNAMIN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline