Lihat ke Halaman Asli

Arkian Widi

hello world

Berkonten Ria bersama IndiHome, Asyiknya Bikin Gambar Cuma dari Teks

Diperbarui: 8 Mei 2023   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: veed.io


 

Kecerdasan buatan mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. AI marak diaplikasikan di berbagai bidang kehidupan. Tapi, apakah kecerdasan buatan akan menggantikan pekerjaan manusia sepenuhnya? Hal ini menjadi topik yang sedang hangat diperdebatkan. 

 

Kreativitas Kendalikan AI 

Sejauh ini, AI digunakan untuk mengotomatisasi pekerjaan repetitif, memproses data secara cepat dan akurat, serta pengambilan keputusan. AI menggantikan pekerjaan manusia yang bersifat rutin dan mudah diotomatisasi, misal; perbankan, dan asuransi.

Tapi tenang, guys. Banyak kok pekerjaan yang masih memerlukan kemampuan manusia, wabilkhusus yang berkaitan dengan kreativitas, empati, dan kemampuan berinteraksi nyata. Apalagi ada beberapa jenis pekerjaan yang memerlukan keterampilan fisik dan sensorik yang tidak dapat dilakukan robot atau AI.

Maka, meski bisa mengurangi jumlah pekerjaan tertentu, tidak berarti AI akan sepenuhnya menggantikan pekerjaan manusia. Sebaliknya, AI membantu manusia menyelesaikan pekerjaan tertentu dengan lebih efisien. Sehingga kita bisa fokus ke pekerjaan lain yang memerlukan keterampilan manusia yang lebih spesifik.

Salah satu teknologi kecerdasan buatan yang sedang saya coba yaitu generator pengubah kata menjadi gambar. Saya menjajal fitur AI Image generator dari veed.io. Cukup masukkan kata kunci atau kalimat di kolom pencarian, ketuk 'generate' dan bersiaplah untuk takjub. 

Kita bisa mencoba beberapa kali dengan kalimat kunci yang sama, dan memperoleh hasil yang berbeda. Soal kualitas gambar, kita bisa memilih hingga resolusi 1024x1024. Mengenai gaya gambar, generator ini kadang menghasilkan ilustrasi standar, gambar seperti lukisan, dan foto bersaturasi kuat. Namun sayang, pengguna gratisan dibatasi hanya boleh mengunduh lima gambar per hari.

Satu kalimat yang langsung menyembul di benak: "Industrial Sufi Leader in a Post Apocalyptic War". Begitu random dan spontan. Generate! Dan seperti inilah hasilnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline