Lihat ke Halaman Asli

Membaca Sejarah Ujung Timur dengan Sudut Pandang Arkeologi

Diperbarui: 14 November 2016   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alat batu dari Situs Kendenglembu, dokumentasi Balar Yogya

Pengantar
Mendedah sebuah perjalanan yang tak seorang pun melirik barang sesaat. Masa lalu semacam lahan inkubasi ingatan bagi segenap manusia yang rindu akan keagungan leluhur. beratus tahun lalu, tanah ini punya peradaban dan kehormatan sebagai bagian tak terpisahkan dari Wilwatikta. Sekumpulan naskah kuna tergurat, memulas kearifan masa lalu Blambangan dengan penuh kepastian. Menjerang mimpi di atas bara api kesetiaan, sudah saatnya kau tahu bagaimana caranya masa lalu itu menjadi selamat.

Berawal dari perasaan cinta dan keinginan segala bentuk tinggalan tetap hayu di tanah Blambangan, mari duduk bersama memperbincangkan sebuah ilmu yang kata sebagian orang konvensional. Arkeologi memang cukup asing terdengar, sejak duduk di bangku sekolah, orang lebih akrab dengan Ilmu Sejarah yang mentikberatkan pada metode rekontruksi masa lalu di atas kertas. Sedangkan Arkeologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari masa lalu berdasarkan tinggalan berbenda yang masih tersisa di lapangan.

Masa lalu memang unik, menarik, sekaligus sering menuai polemik. Bagi sebagian masyarakat di Banyuwangi, kronologi sejarah daerah ujung timur Pulau Jawa ini masih buram. Sehingga sampai sekarang mereka lebih mempercayai mitos, legenda, ketimbag kronologi sejarah Blambangan dari kaca mata ilmiah. Ibarat sebuah benda, sejarah Blambangan dari kacamata Arkeologi masih seperti puzzle yang belum selesai penyusunannya.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya sebagian besar tinggalan sejarah di Banyuwangi yang berhasil ditemukan dan diteliti masih sedikit. Tinggalan tersebut ketika ditemukan lebih banyak dalam keadaan tidak utuh, sehingga membutuhkan waktu untuk sekadar mnganalisis atau mengintepretasinya. Ya, memang benar, tinggalan arkeologi memiliki sifat tertentu, seperti terbatas, mudah rusak, dan tidak bisa diperbarui.

Belajar Arkeologi bukan sekadar ilmu katanya atau ilmu yang dipelajari hanya berdasarkan rekontruksi di atas kertas. Belajar Arkeologi bersama objek kajiannya harus paham konteks dan substansi persoalan yang dikaji. Sebab, sbuah objek kalian Arkeologi tidak mungkin dapat berdiri sendiri, pasti ada temuan lain yang dapat menjelaskan bagaimana dan seperti apa objek tersebut hadir di tengah tatanan sosial suatu daerah.

Sepenggal Sejarah Ujung Timur
Sebagaimana telah disinggung di awal, sejarah Blambangan masih seperti puzzle dan belum menemui titik kulminasi yang pasti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Arkeolog dapat diketahui bahwa kehidupan di ujung timur Pulau Jawa (setidaknya) dimulai sejak masa neolitik. Hal ini diketahui dari ekskavasi Situs Kendenglembu, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore. Data Arkeologi yang dihasilkan oleh lapisan budaya neolitik merefleksikan sisa perkampungan dan aktivitas perbengkelan. 

Di lain pihak, artefak yang berasal dari lapisan budaya sejarah merepresentasikan sisa perkampungan dari masa Kerajaan Majapahit (13-15 M). Pada situs tersebut tidak ada data yang menunjukkan keberlanjutan budaya sejak masa neolitik hingga masa sejarah. Di antara kedua lapisan budaya tersebut terdapat lapisan pemisah berupa lapiisan tuffa (abu vulkanik), yang kemungkinan disebabkan oleh aktivitas Gunung Raung.

Sementara itu, ditinjau dari data tekstual berupa Serat Pararaton diketahui bahwa Hayam Wuruk memiliki putra dari istri selir bernama Bhré Wirabhumi. Karena ia lahir dari selir, maka ia tidak berhak atas tahta Majapahit. Walaupun demikian, Bhré Wirabhumi masih diberi kekuasaan oleh ayahnya untuk memerintah di Blambangan. Sedangkan Kusumawarddhani dan suaminya memperoleh kekuasaan Majapahit secara penuh. Sayang sekali sampai sekarang belum diketahui tahun berapa Bhré Wirabhumi  mulai memerintah di Blambangan. Sebab, di Banyuwangi belum pernah ditemukan prasasti yang berkaitan dengan Blambangan maupun Bhré Wirabhumi. Apabila merujuk pada peristiwa Perang Parêgrêg (1323-1328 Saka), maka sekitar abad ke-13 M Bhré Wirabhumi sudah menaiki tahta Blambangan. Hal ini sesuai dengan arang sampel pertanggalan yang ditemukan di Situs Kendenglembu (KDL TP I spit 6), menunjukkan angka 543±34 BP atau sekitar tahun 1322 Saka (1400 M).

gerabah-5829524aae9273c308d7bbbf.png

Pararaton juga mengemukakan bahwa dalam Perang Parêgrêg itu awalnya Bhra Hyang Wisésa mengalami kekalahan, tetapi setelah mendapat bantuan dari Bhré Tumapêl (Bhra Hyang Paraméswara) Blambangan dapat dikalahkan. Bhré Wirabhumi kemudian melarikan diri. Ia dikejar oleh Raden Gajah (Bhra Narapati) dan tertangkap, kemudian dipenggal kepalanya. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1328 Saka (naga lar anahut wulan–1328). Sepeninggal Bhré Wirabhumi, tidak meredakan persengketaan antar keluarga ini. Sebab, ketika Suhita memerintah pada tahun 1355 Saka (1433 M) Raden Gajah (Bhra Narapati) dibunuh karena dituduh memenggal Bhré Wirabhumi.

Menjawab Sejumlah Rumor
Sudah sejak lama masyarakat percaya dengan sejumlah rumor yang dikait-kaitkan dengan sejarah ujung timur Pulau Jawa. Dilihat dari arti katanya, rumor adalah gunjingan yang dapat berkembang dari mulut ke mulut. Terdapat dua rumor yang populer di kalangan masyarakat yaitu cerita tentang Ménak Jingga dan Sri Tanjung-Sidapaksa. Kedua cerita ini sangat dipercaya di Banyuwangi. Namun, bagaimana kedua cerita tersebut apabila ditelisik dari sudut pandang Arkeologi?.

Ménak Jingga dipercaya oleh masyarakat sebagai raja Blambangan, dan keberadaannya dikaitkan pula dengan salah satu candi yang ada di Mojokerto yang kebetulan bernama Candi Ménak Jingga. Di dalam candi tersebut terdapat sebuah arca bersayap yang sering disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Ménak Jingga, tokoh antagonis dalam Serat Damarwulan. Dilihat dari aspek ikonografi, mengindikasikan bahwa arca tersebut adalah arca garuda. Hal ini dapat diketahui dari sayap dan paruh yang sudah patah. Raffles dalam bukunya berjudul “The History of Java” (1817) menyebutkan, di dekat kolam (Segaran) terdapat arca yang bagian bawahnya berbentuk manusia dan bagian atas tubuhnya berbentuk burung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline