Lihat ke Halaman Asli

arjun nafi

Mukhammad Arjun Nafi

Filsafat Yunani

Diperbarui: 27 Oktober 2019   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Hay guys!! Assalamualaikum kembali lagi di artikel saya Disini saya akan meng-share materi tentang Filsafat Yunani dan saya akan meng-share sesuai pengetahuan saya dan apabila ada yang kurang lengkap saya mohon maaf. Oke, langsung saja kita menuju ke materi let's go!!.

Pada abad ke-6 SM masyarakat Yunani sistem kepercayaan bahwa segala sesuatunya harua diterima sebagai sesuatu kebenarannya bersumber pada mitos atau dongeng. Artinya sesuatu yang kebenarannya lewat akal pikir (logos) tidak berlaku. Setelah abad ke-6 SM muncul sejumlah ahli pikir yang menentang adanya mitos. Mereka menginginkan pertanyaan tentang misteri alam semesta ini jawabannya dapat diterima oleh akal (rasional). Keadaan ini juga disebut sebagai demitologi artinya suatu kebangkitan pemikiran untuk menggunakan akal pikir dan meninggalkan hal-hal yang sifatnya mitologi.

Kemudian ada 3 faktor yang menyebabkan lahirnya filsafat yunani 

1. Bangsa yunani yang kaya akan mitos (dongeng), dimana mitos dianggap sebagai awal untuk mengetahui atau mengerti sesuatu

2. Karya sastra yunani yang dapat dianggap sebagai pendorong lahirnya filsafat yunani seperti karya homerus tentang pendidikan.

3. Pengaruh ilmu-ilmu pengetahuan yang berasal dari Babylonia (Mesir) dilembah sungai nil, kemudian berkat kemampuan dan kecakapannya ilmu tersebut dikembangkan.

Dengan adanya 3 faktor tersebut, kedudukan mitos digeser oleh akal (logos) sehingga lahirlah filsafat.

Pengertian filsafat pada masa itu masih berwujud ilmu pengetahuan yang masih global, sehingga nanti satu demi satu berkembang Dan berdiri semdiri.

Zaman yunani dibagi menjadi 2 periode yaitu periode yunani kuno dan yunani klasik. Yunani kuno diisi oleh ahli pikir alam (Thales, Anaximandros, Pythagoras, Xenophanes,dan Democritos). Sedangkan periode yunani klasik diisi oleh ahli pikir seperti Socrates, Plato, Aristoteles.

A. Yunani Kuno

Periode ini disebut Filsafat Alam, karena  pada masa ditandai dengan ahli pikir alam, dimana arah dan perhatian pemikirannya pada apa yang diamati disekitarnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline