Lihat ke Halaman Asli

Ari Yudhanto

Mahasiswa

Rivalitas Tiki Taka vs Gegenpressing Mana yang Lebih Unggul

Diperbarui: 14 April 2022   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam permainan sepakbola tidak terlepas dari strategi dan taktik, ada istilah strategi yang sering sekali terdengar, penggemar sepakbola pasti sudah tidak asing lagi dengan Tiki Taka dan Gegenpressing. Kedua strategi tersebut dipopulerkan oleh dua pelatih hebat yakni Pep Guardiola dan Jurgen Klopp. Dari kedua strategi tersebut sudah memberikan hasil dengan menjuarai liga domestik,  liga Champions dan kejuaraan lainnya. Lalu strategi manakah yang lebih unggul? 

TIKI TAKA

Awalnya Tiki-taka merupakan adaptasi dari konsep Total Football Belanda milik Johan Cruyff. Lalu, tiki-taka menjadi gaya permainan khas dari Barcelona era Pep Guardiola yang kemudian mempengaruhi gaya bermain timnas Spanyol. 

Gaya permainan tiki-taka merupakan permainan penguasaan bola yang memuat operan pendek cepat dan rapi. Prinsip tiki taka adalah penguasaan bola. Permainan umpan pendek yang dimaksud bertujuan untuk menggerakkan musuh, bukan bola. Karena pada dasarnya umpan pendek yang dilakukan bertujuan agar lawan ikut bergerak yang otomatis membuka ruang meski sekecil mungkin. Tim yang memainkan strategi tiki-taka memiliki penguasaan bola yang lebih unggul. 

Kelebihan Tiki Taka

Pertama, tim yang menggunakan tiki taka akan memiliki penguasaan bola yang lebih unggul sehingga kesempatan lawan untuk menguasai bola dan mencetak gol sangat kecil.

Kedua, Koneksi Lebih Kuat. Penguasaan bola yang sering berpindah dari satu sisi ke sisi lain bertujuan untuk mengalihkan pemain lawan. Dengan kata lain, semakin besar penguasaan bola maka semakin besar juga variasi serangan.

Ketiga, Efektif melawan tim yang menggunakan strategi bertahan man to man marking. Dengan memindahkan bola maka posisi pemain lawan juga akan berubah, ruang kosong itulah yang dimanfaatkan untuk menempatkan bola dan melakukan serangan.

GEGENPRESSING

Gegenpressing dipopulerkan oleh Jurgen Klopp yang pernah menangani tim Borussia Dortmund dan juga Liverpool. Arti gegenpressing yaitu melakukan perlawanan serangan balik ke lawan dengan merebut bola yang sedang berada di wilayah lawan. 

Dalam permainan sepak bola terdapat tiga fase utama, yaitu menyerang, bertahan, dan transisi. Fase transisi ini dapat berupa transisi dari bertahan ke menyerang atau transisi dari menyerang ke bertahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline