Lihat ke Halaman Asli

Kopel dan Puskesmas Kumpulkan Ibu Hamil untuk Kampanye Persalinan Aman

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

BULUKUMBA—Dalam rangka melakukan sosialisasi persalinan aman, Kopel bekerjasama dengan Puskesmas di Kabupaten Bulukumba akan melakukan kampanye dan sosialisasi secara langsung kepada ibu hamil. Rencananya, sosialisasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 November mendatang.

Kepala Sub Tata Usaha Puskesmas Ujung Loe Andi Parawansyah mengatakan, selama ini, sosialisasi mengenai persalinan aman sudah dilakukan secara optimal di setiap puskesmas namun hasilnya belum memuaskan. “Beberapa program yang kami lakukan misalnya, kelas ibu hamil dan kemitraan bidan dan dukun,” katanya.

Namun banyaknya program pencegahan kematian ibu melahirkan tidak berbanding lurus dengan kematian yang terjadi. Hal ini yang mendorong Kopel dan Puskesmas melakukan sosialisasi secara langsung kepada ibu hamil. “Setiap puskesmas akan mengirimkan 9 orang ibu hamil sebagai perwakilan,” jelasnya.

Diharapkan, para peserta dari masing-masing puskesmas akan menyampaikan hasil sosialisasi kepada ibu hamil lainnya. Bidan Koordinator Puskesmas Bontobangung, Hj Yuliana mengungkapkan, tidak sulit menemukan ibu hamil di setiap desa. “Kami sudah punya database ibu-ibu hamil untuk memudahkan mengajak mereka melakukan pemeriksaan rutin ke puskesmas,” katanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline