Lihat ke Halaman Asli

Moch. Ariyanto

Pembelajar yang santun

Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U23 Lewat Jalur Runner Up Terbaik

Diperbarui: 23 Agustus 2023   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Twitter @TimnasIndonesia

Piala AFF yang berlangsung di Thailand telah memasuki babak semifinal, empat tim yang berhasil mengamankan tiket tersebut adalah Malaysia, Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Nasib baik masih berpihak ke timnas Indonesia U-23, pasalnya 3 poin yang berhasil diraih saat menang tipis 1-0 melawan Timor Leste sudah cukup untuk mengantarkan anak asuhan coach Shin Tae Yong tersebut melaju ke semifinal.

Indonesia melaju ke semifinal dengan predikat runner up terbaik. Sebelum Indonesia tergabung di grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Klasemen akhir grup B Malaysia berhasil menjadi juara grup dengan 6 poin, disusul Indonesia dengan 3 poin dan Timor Leste dengan 0 poin.

Sedangkan di Grup A, Thailand keluar sebagai juara grup dengan 6 poin, diposisi kedua ada Kamboja dengan 1 poin, dan Myanmar juga dengan koleksi 1 poin. Hasil pertandingan melawan Brunei Darussalam tidak dihitung dikarenakan posisi Brunei berada di juru kunci grup A.

Tim kuat Vietnam tergabung di grup C bersama Filipina dan Laos. Vietnam juara grup dengan 6 poin, sedangkan Filipina diposisi kedua dengan 1 poin dan Laos juga mengoleksi 1 poin.

Timnas Garuda Muda akan berhadapan dengan tuan rumah Thailand selaku juara grup A, sedangkan Vietnam sang juara grup C akan menghadapi juara grup B yaitu Malaysia.

Laga semifinal antara Indonesia dan Thailand akan digelar esok hari (24/08/23) pukul 20.00 Wib.

Coach Shin sendiri mengatakan bahwa piala AFF ini hanya dijadikan sebagai ajang ujicoba untuk squad asuhannya. Tantangan yang sesungguhnya adalah kualifikasi piala Asia AFC U-23 dimana Indonesia tergabung dalam grup K bersama China Taipe dan Turkmenistan yang akan berlangsung pada tanggal 9 dan 12 September 2023.

Kendati demikian pelatih asal Korea Selatan tersebut berjanji akan bermain habis-habisan saat menghadapi tim Gajah Perang Muda (julukan timnas Thailand U23) pada semifinal esok.

Mari kita berikan 2D. Do'a dan Dukungan untuk Squad Garuda Muda semoga bisa meraih hasil terbaik baik pada turnamen ini.

Salam Olahraga.

Moch. Ariyanto 

Bojonegoro, 23 Agustus 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline