Lihat ke Halaman Asli

Moch. Ariyanto

Pembelajar yang santun

Timnas Indonesia Libas Tuan Rumah Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023

Diperbarui: 9 Juni 2022   12:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Twitter @pssi

Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong kini berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Pertandingan pertama Indonesia berhadapan dengan Kuwait yang berlangsung Rabu, 8 Juni pukul 23.15 Wib. Di Jaber Al-Ahmad International Stadium.

Jika berkaca dari laga terakhir timnas Indonesia saat FIFA Matchday melawan Bangladesh, permainan timnas terlihat kurang meyakinkan dengan hanya mampu bermain imbang 0-0, padahal secara rangking Bangladesh masih jauh di bawah Indonesia.

Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang ditunjukkan para pemain saat melawan Kuwait malam tadi. Indonesia mampu mengimbangi permainan timnas Kuwait, bahkan hampir semua lini timnas terlihat hidup.

Adapun starting line up yang diturunkan oleh coach Shin Tae-yong pada pertandingan kali ini yaitu, Nadeo di posisi penjaga gawang, Fachruddin, Rizky Ridho dan Elkan Bagot di posisi bek tengah, bek kanan ada Irianto, bek kiri ada Arhan Pratama, lini tengah diisi oleh duo gelandang mumpuni yaitu Marc Klok dan Ricky Kambuaya, sedangkan diposisi winger ada Saddil Ramdani (kiri) dan Irfan Jaya (kanan), posisi striker diisi oleh Stevano Lilipaly.

Pada babak pertama permainan kedua kesebelasan cenderung imbang dan cukup sengit, Indonesia menggunakan strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik. Para pemain Indonesia banyak menunggu bola di area sendiri, kemudian melakukan serangan balik saat ada momentum. Bahkan Indonesia mendominasi dan memiliki 2-3 peluang antara menit 35-40, namun si kulit bundar masih belum mau bersarang ke gawang Kuwait.

Justru Kuwait mampu mencetak gol terlebih dahulu melalui tandukan keras Yousef Nasser yang memanfaatkn umpan akurat dari Bader Al-Mutawa tidak dapat di bendung oleh Nadeo, 1-0 untuk timnas Kuwait.

Empat menit berselang Indonesia membalas lewat tendangan penalti Marc Klok setelah Rahmat Irianto dilanggar oleh kiper di area kotak pinalti, Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua Indonesia melakukan dua pergantian pemain, Stevano Lilipaly keluar digantikan oleh M. Rafli, dan Witan Sulaiman masuk menggantikan Irfan Jaya.

Masuknya kedua pemain tersebut membawa dampak positif untuk tim, satu menit berjalan Indonesia mampu mencuri gol cepat melalui Rahmat Irianto. Kerjasama apik antara Irianto, Rafli dan Witan dikotak pinalti membuat peluang emas, tendangan keras dari Witan mampu dibendung barisan pertahanan Kuwait hingga bola menjadi ribbon dan disambar oleh Irianto, terjadilah gol kedua. 1-2.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline