Lihat ke Halaman Asli

Koneksi antar Materi Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Topik 4

Diperbarui: 3 Agustus 2024   13:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mindmap koneksi antar materi PSDPI topik 4 (sumber: Dokumentasi pribadi)

Buatlah koneksi antar materi dari pembelajaran mengenai topik bahasan tersebut dengan pembelajaran yang sudah, sedang, atau akan Anda pelajari di mata kuliah PPG lainnya. Selain menyebutkan topik/materi dalam mata kuliah ini dengan topik/materi dalam mata kuliah lain, sebutkan juga keterkaitannya. Buat koneksi tersebut dalam bentuk visual untuk memudahkan kita semua dalam memahami, bisa dalam bentuk mindmap, diagram, bagan, atau lainnya.

Selanjutnya, Anda dapat berdiskusi bersama terkait koneksi antar materi dalam mata kuliah ini dengan mata kuliah lainnya.

Jawaban:

Koneksi antar materi topik 4 dengan pembelajaran yang sudah, sedang, atau akan  dipelajari di mata kuliah PPG lainnya:

  • FILOSOFI PENDIDIKAN INDONESIA (FPI)
    Zone Proximal Development (ZPD) pada FPI mempunyai peran dalam menggiring peserta didik mengembangkan potensinya. Filosofi pendidikan yang digagas Ki Hajar Dewantara memberikan hak penuh kepada peserta didik dalam belajar secara merdeka. Melalui ZPD peserta didik dapat terfasilitasi dalam kebutuhan bimbingan belajarnya.
  • PEMAHAMAN TENTANG PESERTA DIDIK DAN PEMBELAJARANNYA (PPDP)
    PPDP pada Zone Proximal Development (ZPD) dapat menjadi petunjuk dan acuan untuk memetakan cara mengukur potensi peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga untuk kedepannya guru dapat meminimalisir kesalahan dalam implementasi metode/strategi yang digunakan dalam pembelajaran serta dapat memudahkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kemampuan.
  • PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
    Zone Proximal Development (ZPD) sangat bereperan dalam pembelajaran berdiferensiasi, karena dapat menjadi salah satu metode dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Pada dasarnya pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Sehingga adanya ZPD dapat membantu penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran.
  • PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMEN (PPAE)
    Zone Proximal Development (ZPD) dapat mengukur potensi belajar peserta didik baik secara interpersonal maupun komunikasi secara dua arah. Ketika dalam suatu pembelajaran diterapkan metode ZPD maka hal tersebut dapat membantu guru dalam menentukan asesmen yang digunakan untuk peserta didik baik secara diagnostic, formatif maupun sumatif.

Berikut adalah mindmap koneksi antar materi Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan topik 4:

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline