Lihat ke Halaman Asli

Koneksi Antar Materi Prinsip Pemgajaran dan Asesmen II Topik 2

Diperbarui: 17 Juli 2024   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Anda telah melakukan rangkaian kegiatan mulai dari merancang pembelajaran dan asesmen, mengimplementasikan dalam kegiatan mengajar, mengolah hasil asesmen, hingga mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan asesmen yang telah Anda lakukan. Selanjutnya mari kita identifikasi keterkaitan antara pemahaman peserta didik, ketepatan rancangan pembelajaran dan asesmen, implementasi rancangan tersebut pada kegiatan pembelajaran dan asesmen, hingga hasil evaluasi yang telah Anda laksanakan.
Selanjutnya isilah tabel berikut ini!
Selanjutnya isilah tabel berikut ini!

Agar Anda lebih memahami hubungan antara karakteristik peserta didik, rancangan pembelajaran dan asesmen, implementasi dalam kegiatan pembelajaran dan asesmen, hingga laporan hasil asesmen secara menyeluruh, Anda dapat membuat peta konsep atau infografis.

  • Soal 1
    Untuk membantu Anda dalam menemukan kaitan antar materi tersebut, cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
    Sebutkan kriteria yang Anda gunakan untuk menilai keberhasilan belajar peserta didik!
    Jawaban:
    Kriteria yang saya gunakan untuk menilai keberhasilan belajar peserta didik ialah keberhasilan peserta didik menyelesaikan serangkaian tes, baik tes formatif, tes sumatif, maupun tes keterampilan yang mencapai tingkat keberhasilan rata-rata 60%.
  • Soal 2
    Sebutkan fungsi melaksanakan asesmen dalam kegiatan pembelajaran!
    Jawaban:
    Fungsi melaksanakan asesmen dalam kegiatan pembelajaran ialah untuk mengambil barang bukti (learning evidence) yang nantinya akan digunakan tidak hanya sebagai alat untuk mengambil nilai tetapi lebih dari itu yaitu sebagai alat untuk memonitor perkembangan belajar. Bagi peserta didik, hasil asesmen dapat digunakan untuk memberikan umpan balik terhadap cara belajar. Sedangkan bagi pendidik/Guru, asesmen dapat digunakan untuk merefleksikan cara mengajar apakah sudah sesuai dengan kebutuhan belajar
  • Soal 3
    Apakah ada hubungan antara karakteristik peserta didik, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan pembelajaran, hingga hasil asesmen yang telah dilaksanakan?
    Jawaban:
    Hubungan antara karakteristik peserta didik, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan pembelajaran, dan hasil asesmen ialah sbb: Karakteristik peserta didik, seperti minat, bakat, dan kemampuan belajar secara alami berpengaruh pada indikator pencapaian kompetensi yang harus dicapai. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan juga berdampak besar pada hasil asesmen, baik itu dalam bentuk tes atau penilaian lainnya. Dengan kata lain, semua aspek yang disebutkan saling terkait dan dapat mempengaruhi satu sama lain dalam proses pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline