Lihat ke Halaman Asli

Mulai dari Diri (4) Prinsip Pengajaran dan Asesmen II Topik 1

Diperbarui: 10 Juli 2024   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mulai Dari Diri (4)
Refleksi
Anda telah melaksanakan kegiatan praktik pembelajaran terbimbing pada mata kuliah PPL I. Bagaimana pengalaman Anda selama melaksanakan kegiatan tersebut? Mari kita melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!

  • Soal 1
    Apakah latar belakang semua peserta didik sama?
    Jawaban:
    Berdasarkan pengalaman PPL 1 di SMPN 5 Singaraja latar belakang peserta didik disana berbeda. Peserta didik SMPN 5 Singaraja memiliki beragam latar belakang yang meliputi: status sosial peserta didik, minat belajar, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi belajar, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral dan spiritual, dan perkembangan motorik.
  • Soal 2
    Apakah Anda menemukan peserta didik yang mempunyai preferensi/minat belajar yang berbeda?
    Jawaban:
    Ya saya menemukan peserta didik yang mempunyai preferensi/minat belajar yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari sikap aktif peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Misalnya bertanya dalam proses pembelajaran, mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, membaca buku diperpustakaan dan mengingatkan guru jika lupa menagih tugas yang telah diberikan.
  • Soal 3
    Apakah Anda menemukan peserta didik yang mempunyai kecepatan belajar yang berbeda?
    Jawaban:
    Ya. saya menemukan peserta didik yang mempunyai kecepatan belajar yang berbeda. Ada beberapa peserta didik yang cepat memahami materi pembelajaran dan mampu mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. Ada juga peserta didik yang memiliki kemampuan rendah dimana untuk bisa memahami materi pembelajaran harus dijelaskan berulang kali.
  • Soal 4
    Berdasarkan hasil refleksi tersebut, apakah semua peserta didik mempunyai kebutuhan belajar yang sama? Bagaimana Anda sebagai Guru mempersiapkan agar proses pembelajaran dapat sesuai dengan karakteristik peserta didik dan menjawab kebutuhan belajar mereka?
    Jawaban:
    Menurut saya peserta didik memiliki kebutuhan belajar yang berbeda-beda karena mereka memiliki latar belakang yang berbeda. Sebagai seorang guru dalam mempersiapkan agar proses pembelajaran dapat sesuai dengan karakteristik peserta didik dan menjawab kebutuhan belajar mereka tentunya saya melakukan asesmen awal mengenai karakteristik peserta didik. Selanjutnya dalam menyusun tujuan pembelajaran harus memperhatikan karakteristik peserta didik. Guru harus mengetahui kebutuhan belajar dan tingkat capaian peserta didik sebelum menentukan kompetensi yang diharapkan. Tujuan pembelajaran juga dapat disesuaikan oleh guru sesuai dengan karakteristik lingkungan sekolahnya masing-masing.  Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.  Dalam menentukan kompetensi, guru harus mempertimbangkan karakteristik peserta didik.
  • Soal 5
    Anda akan mempelajari lebih jauh mengenai hal-hal tersebut pada topik ini. Tuliskan hal-hal yang ingin Anda pelajari lebih lanjut!
    Jawaban:
    Hal-hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut ialah: menyususn rancangan pembelajaran dan asesmen  yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline