Lihat ke Halaman Asli

Mulai Dari Diri (LK 1.2) Pembelajaran Sosial Emosional Topik 1

Diperbarui: 28 Juni 2024   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Silakan Anda memberikan respon jawaban untuk pertanyaan refleksi berikut ini:

  • Mulai dari diri: Bagaimana mengenal atau mengidentifikasi emosi diri dalam kehidupan Anda sehari-hari?
    Pada bagian ini Anda diminta untuk melakukan refleksi emosi  saat melakukan relasi dengan orang lain dalam ruang lingkup pembelajaran.
    Silakan Anda memberikan respon jawaban untuk pertanyaan refleksi berikut ini:
     02.01.3-T1-2b Mulai dari Diri (LK 1.2)
  • Mulai dari diri: relasi dengan orang lain
    Pada bagian ini Anda diminta untuk melakukan refleksi emosi  saat melakukan relasi dengan orang lain dalam ruang lingkup pembelajaran.
    • Soal 1
      Anda pasti pernah menjadi seorang siswa. Menurut Anda bagaimana karakter guru yang baik?
      Your answer:
      Menurut saya seorang guru yang baik memiliki beberapa karakter yang sangat dihargai. Pertama-tama, mereka harus memiliki pengetahuan yang luas tentang subjek yang mereka ajarkan. Selain itu, mereka harus sabar dan memahami kebutuhan siswa mereka. Kesabaran sangat penting bagi seorang guru karena dia harus mendampingi anak-anak dengan berbagai karakteristik dan kemampuan. Guru yang baik juga harus dapat menginspirasi siswa untuk belajar dan membantu mereka merasa percaya diri dalam kemampuan mereka. Guru yang baik juga harus rajin mempersiapkan pelajaran dan memberikan umpan balik yang konstruktif pada kinerja siswa mereka.
    • Soal 2
      Bagaimana emosi yang seharusnya ditampilkan guru?
      Your answer:
      Seorang guru sebaiknya menunjukkan emosi yang positif dan kontrol diri yang baik dalam kelas. Mereka harus tetap tenang dan sabar, terlepas dari situasi atau perilaku siswa yang mungkin sulit. Ketika seorang guru menunjukkan emosi negatif seperti marah, frustasi, atau kesal, hal itu dapat mempengaruhi suasana kelas dan membuat siswa merasa tidak nyaman atau tidak aman. Oleh karena itu, penting bagi seorang guru untuk mempelajari cara mengelola emosi mereka dan merespons situasi sulit dengan cara yang terkendali dan produktif. Seorang guru juga tidak boleh menyakutpautkan emosi pribadi dengan pekerjaan. Misalnya ketika sedang marah karena pertengkaran di rumah, hal tersebut dibawah sampai di kelas. Hal ini akan berdampak pada peserta didik yang tentunya akan kena imbasnya.
    •  Soal 3
      Menurut Anda, apakah Anda dapat menjadi guru yang inspiratif; menjadi teladan bagi siswa?
      Your answer:
      Menurut saya saya bisa menjadi gru yang inspiratif dan menjadi teladan bagi siswa. Namun untuk sampai pada tahap itu tentunya dibutuhkan latihan dan banyak pengalaman. Jadi, saya merasa bisa jika saya belajar dan berlatih secara konsisten.
    • Soal 4
      Melihat kondisi siswa saat ini dan metode pembelajaran yang beragam, tantangan apa yang akan dijumpai seorang guru?
      Bagaimana cara menghadapi tantangan tersebut?
      Your answer:
      Melihat kondisi siswa saat ini dan metode pembelajaran yang beragam, menurut saya tantangan yang dihadapi seorang guru ialah sebagai berikut: Pertama, sulitnya menarik perhatian siswa. Kedua, kesulitan dalam memberikan materi sesuai dengan perbedaan kemampuan siswa. Ketiga, kesulitan dalam memotivasi siswa yang kurang berminat.
      Cara untuk menghadapi tantangan ini, seorang guru perlu mengembangkan kreativitas dan kemampuan untuk memberikan materi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru juga perlu terus belajar dan mengembangkan diri untuk memberikan metode pembelajaran yang efektif untuk semua jenis siswa. Menerapkan teknologi yang ada juga dapat membantu memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan inklusif bagi siswa. Selain itu, membangun hubungan yang baik dan empati dengan siswa juga akan membantu guru dalam mengatasi tantangan ini.
    • Soal 5
      Apa dampaknya bila Anda tidak dapat mengelola emosi Anda ketika menghadapi tantangan tersebut?
      Your answer:
      Dampak yang timbul jika saya tidak dapat mengelola emosi ketika menghadapi tantangan seperti yang dijelaskan pada nomor 4 ialah tidak adanya hubungan yang baik antara guru dan siswa. Selain itu guru juga akan marah kepada siswanya karena merasa tidak dihargai. Sementara peserta didik merasa tidak nyaman dengan proses pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline