Lihat ke Halaman Asli

Ariyani Na

TERVERIFIKASI

ibu rumah tangga

Berapa Lama Batas Waktu "Pedekate"?

Diperbarui: 4 April 2017   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“Lebih tragis gue, pedekate dua bulan, jadian dua hari terus diputusin, seminggu kemudian dia udah pacaran sama yang lain.”

Kalimat di atas curhatan seorang remaja laki-laki setelah mendengar percakapan di radio mengenai gagalnya pedekate. Kemudian untuk meramaikan grup Facebook Mudasiana yang sedang sepi, saya menulis kisah yang dianggap tragis oleh remaja tersebut di kolom status, dan menariknya di kolom komentar seorang Kompasianer menulis,

“Aku beda kak.. Pdkt 1tahun. Blom jadi dah dtnggal dluan Wakakaka”

Membaca komentar di atas, saya jadi bertanya dalam hati, berapa lama sebenarnya waktu untuk pedekate sehingga kita tidak perlu merasa membuang waktu percuma bila pada akhirnya orang yang kita ingin dekati menolak untuk dijadikan kekasih?

Pedekate adalah istilah yang digunakan anak-anak muda sekarang untuk sebuah usaha yang sedang dilakukannya guna mendapatkan perhatian orang yang disukai dan menjadikannya kekasih. Ada banyak tanda-tanda yang bisa dilihat dari orang yang sedang melakukan pedekate, namun terkadang tanda-tanda tersebut ditepis dengan anggapan bahwa kebaikan dan perhatian yang diberikan hanya sebagai kebaikan antar teman atau sahabat.

Rasa suka terhadap seseorang bisa melalui beberapa tahapan, ada yang suka saat pertama kali melihat (love at first sight), ada juga yang suka setelah beberapa kali berinteraksi baik secara langsung ataupun komunikasi melalui media chatting.

Dari rasa suka maka akan muncul keinginan untuk mengetahui lebih lanjut siapa dan bagaimana sang target, apakah sudah memiliki kekasih atau bahkan sudah menikah, siapa saja mantannya, dimana rumahnya, siapa teman dekatnya dan informasi lainnya.

Bila sudah mengetahui informasi dan merasa target dapat didekati maka pedekate mulai dilakukan, dari mulai memberi perhatian hingga berkorban tenaga dan waktu untuk mendapat perhatian sang target.

Tiga bulan mengenali tanda.

Seperti masa percobaan kerja, tiga bulan adalah waktu yang tepat untuk mengenali tanda apakah sang target kira-kira memiliki perasaan yang sama atau tidak. Bila dalam kurun waktu tiga bulan terlihat respon positif dari target, seperti tidak menolak saat dikunjungi, selalu menanggapi chat atau SMS dengan jawaban yang bukan basa basi, membalas perhatian deng perhatian, tidak sibuk sendiri saat sedang bersama, aktif menghubungi bila tidak dihubungi, maka waktu pedekate dapat diperpanjang hingga menemukan waktu yang tepat untuk menyatakan perasaan atau menanyakan kesediaan sang target untuk menjadi kekasih.

Sebaliknya, bila selama tiga bula terlihat target tidak memberi respon positif seperti selalu menolak saat diajak bertemu atau dikunjungi, menjawab SMS atau chat dengan jawaban singkat-singkat atau bahkan tidak dibalas dengan cepat, selalu ingin menyudahi bila ditelepon, selalu asik sendiri bila sedang bersama, tidak pernah menghubungi bila tidak dihubungi, maka sebaiknya sudahi usaha pedekate yang sedang dilakukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline