Lihat ke Halaman Asli

Ariyani Na

TERVERIFIKASI

ibu rumah tangga

Yang Perlu Dilakukan di Akhir Tahun

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14200152151697725301

[caption id="attachment_387466" align="aligncenter" width="624" caption="Suasana pesta kembang api di kawasan Bundaran Hotel Indonesia saat Car Free Night dalam rangka gelaran Jakarta Night Festival pada perayaan Tahun Baru 2013 (Tribun Jakarta)"][/caption]

Menjelang awal tahun baru, biasanya banyak yang membuat resolusi untuk kehidupan di tahun baru, yang semuanya tentu untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dari kehidupan tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak aspek yang dijadikan resolusi, baik dari kesehatan, kepribadian, ekonomi , pekerjaan dan pasangan hidup bagi yang masih sendiri.

Selain resolusi, ada kegiatan yang penting yang dapat kita lakukan di akhir tahun ini, antara lain :

Memeriksa Identitas.

Lupa memperpanjang kartu identitas merupakan kejadian yang seringkali terjadi disekitar kita, bahkan mungkin kita sendiri pernah mengalami. Karena masa berlaku identitas 5 tahun, seringkali membuat kita berpikir atau merasa masa berlaku identitas kita masih lama dan membuat malas memperhatikan masa berlaku yang tercantum di identitas tersebut.

Mengurus identitas yang sudah tidak berlaku, terutama Surat Ijin Mengemudi lebih repot dibanding yang masih berlaku. Untuk yang sudah tidak berlaku, bila ingin kembali mendapatkan SIM yang berlaku, kita harus mengikuti prosedur pengajuan SIM baru, sedangkan bila masih dalam rentang masa berlaku kita dapat memperpanjang di SIM keliling dan lebih mudah prosedurnya.

Bagi yang suka berpergian ke Luar Negeri, masa berlaku paspor pun harus menjadi perhatian, karena ada beberapa negara yang mensyaratkan masa berlaku paspor tidak kurang dari 6 bulan. Akan repot tentunya bila kita memiliki keperluan mendadak ke suatu negara namun paspor sudah tidak berlaku.

Dengan memperhatikan masa berlaku identitas kita di akhir tahun atau di awal tahun tahun ini, tentu kita dapat merasa lebih aman dan dapat membuat reminder di ponsel ataupun di komputer kapan kita harus mengurus perpanjangan identitas.

Memeriksa Kulkas dan Lemari dapur.

Saat berbelanja tentu kita akan memperhatikan tanggal kadaluarsa, dan kita tentu memilih membeli yang tanggal kadaluarsa masih jauh.Namun terkadang ada sebagian bahan makanan yang kita simpan di lemari karena sisa ataupun sengaja membeli lebih untuk memudahkan menggunakannya sewaktu-waktu, apalagi tanggal kadaluarsa yang tercantum masih lama.

Diakhir tahun ini, ada baiknya kita membongkar isi lemari dapur ataupun kulkas, dan memperhatikan tanggal kadaluarsanya kembali. Bila sudah kadaluarsa sebaiknya dibuang, dan bila sudah mendekati dan ingin digunakan maka kita dapat segera mengolahnya sehingga tidak menjadi sia-sia.

Memeriksa kotak obat dan alat kosmetik.

Seperti halnya makanan, obat dan kosmetik juga memiliki tanggal kadaluarsa. Akan sangat berbahaya bila obat dan kosmetik yang sudah kadaluarsa tidak sengaja kita gunakan karena tidak memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Di akhir tahun atau diawal tahun yang baru ini, ada baiknya kita periksa kembali kotak obat dan alat kosmetik yang kita miliki. Bila sudah kadaluarsa sebaiknya dimusnahkan, dan bila tanggal kadaluarsa mulai tidak jelas, kita dapat memberi label tambahan yang dapat memperjelas tanggal masa berlaku pada obat maupun kosmetik.

Selamat menyambut tahun yang baru, semoga tahun yang baru membawa kita menjadi manusia yang lebih baik, dan negara kita menjadi lebih baik, aman dan damai.

Terakhir saya menyampaikan turut berduka sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi pada pesawat Air Asia QZ8501.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline