Lihat ke Halaman Asli

Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual Melalui ESQ [Bag-3]

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

BAGIAN.3.

--PERSONALSTRENGTH--

KETANGGUHANPRIBADI.

--Bukanlah kebajikan bahwa kamu memalingkan mukamuke arah timur dan barat .tetapi orang yang baik , adalah orang yang beriman kepada ALLAH dan hari kemudian , kepada para malaikat , Al Kitab , dan para Nabi, dan memberikan hartabenda,betapapun disayangi , kepada kerabat, anak yatim dan orang miskin,kepada orang [ terlantar] dalam perjalanan ,dan orang peminta-minta. Dan dalam usaha memerdekakan hamba sahaya,mendirikan shalat dan membayar zakat . orang yang memenuhi perjanjian , jika mereka membuat perjanjian , dan orang yang bersabar dalam kemelaratandalam penderitaan , dan semasa peperangan , merekalah orang yang benar, merekalah oang yang takwa.– [ Q,S, 2 surat AL Baqarahayat 177. ]

111.– PERSONALSTRENGTH—

KETANGGUHAN PRIBADI.

HAI orang yang beriman ! bertakwa lah kepada ALLAH,Carilah jalan supaya dekat kepadanya. Dan berjihadlah di jalan- nya, Supayakamu berjaya .[ –Q.S. 5 suratAL MA’idah , ayat 35.].

--Seseorang boleh dikatakan tangguh apabila sudah merdeka dari berbagai belenggu yang bisa menyesatkan penglihatan dan pikiran ,

--Orang yang memiliki ketangguhan pribadi tidak akan parnah sakit hati, apabila tidak mengizinkan hatinya untuk disakiti.

--Ia memiliki pedoman yang jelas dalam mencapai tujuan hidup, --Ia akan mampu menikmani hidup, --Itulah ketangguhan pribadi yang dihasilkan apa bila seseorang hanya berpegangkepada ALLAH Yang Esa, dan tidak ada Iiah lain baginya kecuali ALLAH SWT yang menjadi gantungan hidup. -Beriman hanya kepada ALLAH SWT. --Beriman kepada Malaikat .--Beriman kepada Nabi dan Rasul-nya --Berprinsip kepada AL Qur’anAL Karim.--Beriman kepada ” Hari –Kemudian

--Beriman kepada “Ketentuan ALLAH”.

Merekayang beriman dan melakukanamalkebaikan, mereka itu bahagiadan baginya tempat kembali yang indah[ Q.S. 13 . surat Ar Ra’d [Guntur]. Ayat 29. ].

- Tigalangkah sukses,

Pertama;memiliki--MISSIONSTATEMENTyang jelas yaitu

“ Dua kalimat Syahadat”,

-Kedua;memiliki -- sebuah metode pembangunan karakter , simbul kehidupan yaitu

“Shalat lima waktu”,

-Ketiga; memiliki--kemampuan pengendalian diri yang dilatih

dengan“Puasa”.

Langkah penting , karna akan menghasil kan kecerdasan emosi dan spiritual [ESQ] yang sangat tinggi [ Akhlakul Karimah]. Prinsip hidup nya bersifat abadi dan tidak akan goyah meski diterpa badai sekeras apa pun.Ia tidak menjadi korban dari pengaruh lingkungan yang dapat mengubah prinsip hidup atau cara berfikirnya. Ia mampu untuk mengambil suatu keputusan yang bijaksana dengan menyelaraskanantara prinsip yang dianutdengan kondisi lingkungannya,tanpa ia harus kehilang pegangan hidup.

GOD SPOT [ FITRAH]. Yang dikelilingi oleh IMAN,dan IMAN yang dikelilingioleh 5 RUKUN ISLAM, semua teratur yang membentuk suatu sistim dalam satu ke esaan tauhid.Kecakapan emositernyata dua kali lebih penting untuk meraih keunggulandi bandingkanintelektualitas dan keahlianmurni. “

111.1. LANGKAH SATU:-MISSION STATEMENT.

Penetapan misi .

- Tuhan kamu adalah Tuhan yang Esa.Tiada Tuhan selain Ia,Yang Maha Pemurah, Yang Maha Penyayang, [ Q.S. 2 surat AL Baqarah [sapi betina] ayat163.]

Haimanusia ! Sungguh, janji ALLAH adajah benar . M aka janganlahkamu tertipu okeh kehidupan dunia , janganlah sang penipu mu tentang ALLAH , [Q.S. 35. Surat Faathir [pencipta]ayat 5.

111.1.a.KEKUATAN sebuah MISI.

Haimanusia ! Sungguh , janji ALLAH adalah benar . Maka janganlah

Kamu tertipu oleh kehidupan dunia , dan janganlah sang penipu ,

Menipumu tentang ALLAH. –[Q.S.35. surat FAATHIR [pencipta]. Ayat5.]

111.1.b.MEMBANGUNMISIKEHIDUPAN.

“ TUHAN kami ! kaulah yang akan menghimbun manusia menjelang hari yang tiada diragukan adanya . “SUNGGUH , ALLAH tiada menyalahi janji.

[ _Q.S. 3 surat Ali’ imran . ayat 9. ]

111.1.c.MEMBULATKAN TEKAD.

Orang-orang yang berkata : “Tuhan kami adalah ALLAH”,

kemudian berjalan lurus [di jalan ALLAH], akan turun kepada mereka

para malaikat [sambil berkata ]. “JANGANLAH TAKUT,

dan jangan berduka cita, tetapi terimalah berita gembira

tentang Surga yang dijanjikan kepadamu !”,

111.1. d.– MEMBANGUN VISI.

Katakanlah , “HAI KAUMKU! Berbuatlah menurut kehendakmuSungguh, akupun akan melakukan [kehendakku]. Nanti kamu akanmengetahui , siapa [di antara kita[ yang[ paling baik] tempat kediamannya Pada akhirnya. Sungguh, orang durjana tindakan mendapat kejayaan.”[-Q.S. 6 surat AL An’aam ].

111.1. e.–MENCIPTAKAN WAWASAN .

“ Hai manusia!Kau sungguh bekerja kerasmenuju Tuhanmu,dan kau akan bertemu dengan –nya”.[Q.S. 84 surat AL Insyiqaaq]Ayat 6.

--Apabila seseorang melaksanakan shalat lima waktu , maka ia akan melakikanrepetitive magic power ini sebanyak 270 kali dalam sebulan [9x30]. Atau 3.240 kali dalam setahun [270 x 12]. Apa bila iatelah melakukan shalat sepuluh tahun saja maka ia telah melakukan repetitive magic power sebanyak 32.400 kali!Di lakukan seumur hidup nya.

111.1. f.TRANSFORMASI VISI.

Nabi Muhammad SAW adalah seorang manusia biasa yang mampu dan berhasil menetapkan prinsip pemikiran 6 Rukun Iman dan 5 Rukunislamsecara konsekuen di muka bumi ini.

Ia-lah yang menurunkan ketenangan dalam hati para mukmin , supaya mereka [ yang sudah beriman],bertambah imannya. Kepunyaan ALLAH tentara langit dan bumi . ALLAH Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.Q.S. 33 surat AL Ahzabayat 21.

11.1.g.KOMITMEN TOTAL.

ALLAH mengatakan tiada Tuhan selain IA ,Yang berdiri diataskeadilan .Demikian pula Malaikat dan orang berilmu[menyatakan demikian ]. TIADA TUHAN selain IA, Yang Maha perkasa, Yang Maha Bijaksana.[-Q.S. 3 surat Ali ‘imran. Ayat 18 ]

Berikrar kepada ALLAHSWT melaluisyahadat, artinya adalah komitmen totaluntuk patuh dan taat[ beriman] pada seluruh isi Rukun Iman dan Rukun Islamsekaligus penjabaran dari isi perjanjian atau syahadat antara manusiadenganALLAHYang Maha kuasa .

Ber syahadatkepada ALLAHSWT. Artinyaberjanji untuk patuh dan taat pada seluruhperintah-nyadan jauhi segala larangan--nya . Adapun perintah mentaati dan mempercayai Rukun Iman , merupakan perintah lang sung dari ALLAH .

Pengakuan kepada ALLAH SWT.Berupa pengucapan ikrar kalimatSyahadat , secara umam merupakan pernyataan pengakuan resmi atas keseluruhanprinsip [ enam prinsip]dalam pembangunanMentalyang berdasarkan atas Rukun Iman.

Bersyahadat kepada ALLAH SWT . artinyaberjanji untuk patuh dan taat pada seluruhperintah- nya dan menjauhi segalalarangan-nya.

HASIL MISSIONSTATEMENT- PENETAPAN MISI.

-Syahadat akan membangun suatukeyakinan dalam berusaha.Syahadat akan menciptakan suatu daya dorong dalam upaya mencapai suatu tujuan . SYAhadat akan membangkitkan keberanian dan optimisme, sekaligus menciptakan ketenangan batiniah dalam menjalankan misi hidup.

-Katakanlah ; “Aku hanyalah seoarang manusia seperti kamu , [tetapi] diwahyukan kepadaku, bahwa Tuhanmu adalah Tuhan Yang Esa , maka barang siapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya , hendaklah mengerjakan amal kebaikan . Dan dalam reribadah kepada Tuhannya , janganlah persekutukan Ia dengan siapapun juga .” [ Q.S. 18 . suratAL Kahfi [gua] ayat 110.] .

Katakan lah ;” Aku hanya seorang manusia seperti kamu , [ tetapi ]. Diwahyukan kepadaku , bahwa Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa,maka barang siapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya, hendakla mengerjakan amal kebaikan . Dan dalam beribadah kepada Tuhan nya , Janganlah persekutukan Ia dengan siapapun juga.”

Langka dua CHARACTER BUILDING-PEMBANGUNANKARAKTER.

--Akutelah memilih kau. Maka dengarlah apa yang diwahyukan.Sungguh,Alah ALLAH. Tiada Tuhan selain Aku . Maka sembahlah Aku dan dirikanlahshalatuntukmengingatAku. [ Q.S. 20suratThaahaa ayat 13-14.]

111.2. LANGKAH DUA;- CHARACTERBUILDING-

Pembangunan karakter

111.2. a.-RELAKSASI.

Maka celakalah orang–orang yang shalat, yang melalaikan shalatnya. Mereka yang ingin dilihat orang, tetapi enggan [memberikan] sedekah[berupa] keperluan yang berguna .[–Q.S. 107 surat Al Maa’uun ayat 4-7.]

Banyak orang bigung dengan perasaannya sendiri, dan tidak mengenal lagi siapa dirinya, baginya lingkungan luar lebih jelas dibandingkan dirinya. Akhirnya ia menjadi buta dan tuli .

Sunggu, manusia di ciptakan penuh kegelisahan,Bila di timpa kesusahan , suka berkeluh-kesahTetapi jika mengalami kesenangan, kikir bukankepalang . tidak demikian orang yang shalat, yangSetia mengerjakan Shalat. [Q.S. 70 surat AL M Ayat 19-23. ]

111.2. b.-MEMBANGUN KEKUATAN AFIRMASI.

[Musa] menjawab ; “Tuhan Kami, Ialah yang memberikan segala sesuatu bentuk kejadiannya , dan kemudian membimbingnya. “ [-Q.S.20 surat Thaahaa ayat 50. ].

Shalat merupakan suatu kekuatan afirmasi atau “ penegasan “ kembali yang dapat membantu seseorang untuk lebih menyelaraskan nilai-nilai keimanan dengan realitas kehidupan.

Afirmasi atau penegasan memiliki lima dasar yaitu ; Pribadi, positif,masa sekarang, visual, dan emosi....Sungguh , shalat mencegah orang berbuat keji dan mungkar....

111.2.c.MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI dan SPIRITUAL [ESQ].

“Karna Sungguh , Ia mengetahui apa yang rahasia dan apa yang lebihtersembunyi. “{ Q.S. 20 suratThaahaa ayat 7. ].

“untuk masuk ke dalam hati dan keluar dari pikiran anda”. Begitulah makna shalat khusyu’yang sebenarnya adalah untuk menyelamihati yang terdalamdan menemukan sifat-sifat Ilahiyah yang luhur yang berada di dasar hati dan mengangkatnya ke permukaan.

111.2. d.– MEMBANGUNPENGALAMANPOSITIF.

Kegiatan fisik akan lebih mudah di ingat , dibandingkan dengan hanya kegiatan pikiran ,Ketika secara fisikseorang melakukanruku’ atau sujud maka kegiatan itu akan membekas pada ingatan

. Dan telah kami berikan kepadamu Tujuh [ayat Al Fatihah] yang selalu diulang-ulang, dan Al Qur’an yang mulia.[ Q.S.15. Surat Al Hijrayat 87.].

111.2. e– PEMBANGKITDAN PENYEIMBANG ENERGIBATINIAH .

Iman adalah sebuah keinginan untuk berbakti kepada ALLAH , dan keinginan adalah sebuah energi atau dorongan.

Peliharalah shalat dan shalatwusthaa [ atau shalat pertengahan – shalat ‘ashar], dan berdirilah karna ALLAH sekhusyu’ hati. [ Q.S.2. Surat Al Baqarahayat238.].

Kadangkala lingkungan tidak memberikan kesempatan yang baikkepada seseorang untuk mengaplikasikan dan memuaskan seluruh doronganbatiniah ,

Shalat akan menghasilkan suatu sumber daya masusia yang di ilhami “Cahaya Tuhan” yang akan turut berperan untuk menerangi bumi. – Disinilah letak keseimbangan hidup yang sesungguh nya, antara hati dan pikiran, antara pikiran dan tindakan.

--Bila selesai shalat ,memencarlah kamu dimuka bumi. Carilah karunia ALLAH.Ingatlah ALLAH banyak banyak, supaya kamu mencapai kejayaan .[ Q.S. 62 surat Al jumu’ah ayat 10. ].

111.2. f.–PENGASAHANPRINSIP .

Mulai dari Penjernihan Emosi pelatihanprinsip satusampai prinsip enamsemua dilatihdalam shalat.

1. -- Pelatihan penjernihan emosi –zero mind process....

..Sungguh,ALLAH cinta orang yang taubat , dan cintaOrang yangbersuci diri.– [Q.S.2 suratAl Baqarah ayat 222.].

Kejernihan pikiran akan menjadi landasan penting bagi pembangunan kecerdasan emosi dan spitual seseorang.

Beberapa hal dalam shalat yang bisa melatih serta menjaga kejernihanhati dan pikiran ,

-God – Spot [hati nurani] seringkali tertutup oleh berbagai belenggu yang menyebabkan orang menjadi buta hati .

----- Wudhu.

“ Sukakah anda tunjukan suatu amal yang dapat meng hapus segaladosa dan sekaligus mengangkat derajat? “

“Tentu ya Rasullallah ! “

Sabda Beliau,“Menyempurnakan Wudhu di saat-saatsegan, membanyakkan langkah ke mesjid, dan menunggu waktu shalat , itulah menguasai diriyang baik . “

Do’a iftitah.

“ ALLAHU Akbar KabiraWalhamdulillahi Katsiran WasubhaanallaahiBukratanWa Ashiilaa......:”

-Artinya ; ALLAH Maha Besarlagi Maha SempurnaKebesaran- Nya.Segala puji bagi ALLAH , Maha suji ALLAH sepanjangpagi dan sore....

-Do’aIftitah ini di ucapkan setiap kali shalat,

-Memuci ALLAH yang selalu suci sepanjang pagi dan petang .

----Ruku’ dan Sujud.

-“ SubhanaRabbiyal‘Azhiimi Wabihamdih” [ bacaan ruku’].

-Artinya; Maha Suci Tuhan ku ALLAHYangMaha Agung.

-“Subhana Rabbiyal A’laa Wabihamdih “[bacaan sujud].

-Artinya; Maha Suci Tuhanku ALLAH Yang Maha Tinggi .

Pujian adalah sebuah pengakuandan keinginan . Didalam ruku’ dan sujud , dilafadzkan pujian dan keinginan.Memuji kepada ALLAH Yang Suci dan Maha Agung . Memuji artinya menjunjung , dan ini akan menghasilkan pemikiran atau kejernihan hati, Dan beberapa saat diwaktu malam, kau tasbihlah memuji-nya, [juga] sewaktu bintang-bintang menarik diri!.[Q.S. 52 surat Ath Thuur ayat49 ]

2....Melatih Prinsip Bintang -Prinsip satu.

-[STAR PRINCIPLE].

...HaiKaumku , Sembahlah ALLAH ! Tiada Tuhan bagimu selain Ia... [ Q.S. 23 surat Al Mu’minuun ayat 23. ]

Segala landasan kecerdasan emasi dan spiritual, ketentraman, kebijaksanaan, kepercayaan diri, integritas, dan motivasi.

Disini terdapat sumber—sumber suara hati berasal, yang bermula dari 99 sifat ALLAH [ God – Spot].dan terekam didalam jiwa manusia. Shalat bertujuan membuka kembalisumber-sumber suara hati , melatih mendengarsuara hati agar peka dan mampu mendengarbisikanbawah sadaryang marupakan sumberESQseseorang.

--MelatihdanMembentukRasa Aman .

“Inna Shalaati Wanusuki Wamahyaaya Wamamaati Lillaahi Rabbil ‘Aalamiin.”Artinya ; Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku semata hanya untuk ALLAHseru sekalian alam.

-Selanjutnya berharap akan hasil dari ALLAH yang dilukiskan melalui “tahiyyat” menyatakan bahwa penghormatan, keberkahan, dan kesejahteraan hanyalah milik ALLAH semata.

-Melatih dan membentuk

Kepercayaan Diri sertaMotivasi.

ALLAH telah menjadi Tuhannya dan sekaligusmenjadi teladannyauntuk meraih kemenangan . sifat kebesaran ALLAH yang akan mengisi jiwanya untuk meraih kebesaran dan kemenangan dengan hati yang bersih dan suci.

-.....Melatih kebijaksanaan .

-Sebuah pemikiran tanpa tindakan nyata belumlahdianggap bijaksana. Ia harus melakukan suatu langkah nyata.

-Sebuah pemikiran tanpa tindakan nyata belumlah dianggap bijaksana . ia harus bersinerja dan memiliki kesadaran akan tanggung jawab sosial yang di embannya,

-Hal ini dilatih pula melalui pernyataan dan do’a didalam shalawat kepada Nabi dan Rasul serta saudara-saudaranya yang beriman. Kemudian dilanjutkan oleh salam kekanan dan ke kiri.Inilah pelatihan ketangguhan sosial.

---Aku telah memilih kau. Maka dengarkanlah apa yang di wahyukan . Sungguh, Akulah ALLAH. Tiada Tuhan selain Aku. Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalatuntukmengingat Aku . [Q.S. 20. Surat Thaahaa ayat13-14.

.......Melatih Integritas.

-Shalatlima waktu secara disiplin akan menghasilkan sebuah pribadi yang memilikiintegritas kuat.

Begitu pula bacaan di dalam shalat , seperti dalam do’a iftitah[takbiratulihram], Surat Al fatihah, ruku’, sujud, dan tahiyyat semua itu, pada akhirnya akan melahirkan seseorang yang memilikiIntegritas yang sangat luar biasa,

-Ad 3.Melatih dan membangun prinsip keperjayaan –

-Prinsip dua.[ Angel principel. ]

Keperjayaan adalah suatu upaya yang merupakan hasil imbal balik dari seseorang yang telah menunjukan integritas,

Anda lebih mempercayai nya dibanding dengan orang yang tidak shalat sama sekali . orang-orang seperti ini tidak perlu diawasi karena ia memiliki kesadaran diri bahwa dirinya selalu dilihat dan diawasi oleh ALLAH SWT.

4.Melatih prinsip kepemimpinan –

prinsip tiga.[ Leadership Principle]

Janganlah ikuti orang yang kafir dan orang yang munafik. Janganlahhiraukangangguan mereka, tetapi tawakallahkepada ALLAH. Sebab cukuplah ALLAhsebagai pengurus segala kepentingan.[ Q.S. 33 surat AL Ahzab ayat 48.] .

Iapun dilatih untuk menghormati dan menghargai pemimpinnya [imam]. Disinilah shalat merupakan pelatihan kepemimpinan yang sesungguhnya dari ALLAH SWT.Sang pencipta alam semesta dan sekaligus ‘Pemimpin’ dari alam semesta raya, besertaseluruh isinya.

5.Melatih prinsip pembelajaran– prinsip empat

--[Learning Principle].

-

-Duduk pada tahiyyat melambangkan keikhlasan setelah berjuan [ruku’dan sujud]. Jari menunjuk satu ke depan, melambangkan komitmen akan konsistensi hanya mejembahdan sujud serta berinsip kepada ALLAH SWT yang Esa.

Bacakanlah apa yang diwahjukan datri kitab [Al Qur’an] kepadamu, dan dirikanlah shalat. Sungguh , shalat mencegah orang berbuat keji dan mungkar. Dan mengingatALLAH adalah yang paling penting [dalam kehidupan]. ALLAH mengetahui apa yang kamu kerjakan.[Q.S. 29 surat Al’Ankabuut ayat45.]

6.MelatihVisualisasi dan simulasi-----PRINSIP Lima

-[Vision PRINCIPIE].

-maka semakinkuat pula keyakinan seseorang untuk meraih Simulasi kehidupan dan idealisme sebuah cita-cita luhurvisi inilah pembimbing [autopilot] kehidupan.Semakin kuat visualisasi seseorang cita-cita.

-Semakin tinggi pula energi dan kekuatanseseorang untuk meraih impiannya.

-Visualisasi ini diciptakan demikian rinci didalam shalat , membangun idealisme berpikir, visualisasi pelaksanaan, sampai visualisasi hasil.

-Inilah metode visualisasi yang paling sempurna .-Jawaban orang beriman bila diseru kepada ALLAH dan Rasul-nya, agar[ Rasul] mengadili mereka , hanyalah bahwa merekaberkata; “ Kami mendengar dan kami taat .” Mereka inilah orang yang berjaya.[ Q.S.24. Surat An Nuur . ayat 51.

7.Melatih prinsip Keteraturan– prinsip enam .

-[ Well Organized PRINCIPLE] .

-

-Prinsip” keteraturan “ adalah disiplin. Tanpa sebuah kedisiplinan maka sebuah tatanan akan hancur. Shalat adalah sarana untuk melatih kedisiplinan. Waktu telah ditentukan dengan pasti sehingga orang yang mampu melakukan shalat secara disiplin, akan menghasilkan pribadi-pribadiyang memiliki disiplin yang tinggi.

-

-111. 2.g.---pelatihan ketangguhan SOSIAL.—

-

-Dari abu hurairah r.a.bahwa Rasullullah Saw bersabda; “Aku berkeinginan sungguh-sungguh menyuruh orang bershalat, melakukannya dengan orang lain[berjama’ah] kemudian aku cari orang-orang yang berjama’ah...”

-Seperti kesamaan tujuan dan visi [kiblat], saling mengisi [mengisi shaff yang kosong],keteraturan organisasi [imam dan ma’mum], kesamaan persepsi dan prinsip[isi bacaan shalat].

Ini merupakan fakta mendasar tiap orang diantara kita hanya memiliki sebagian informasi atau keahlian yang kita butuhkanuntuk menyelesaikan masalah kita.

Globalisasi adalah bukti nyata akan kebutuhan manusia untuk berinteraksi dan bersinergi dengan kelompok lainnya. Dari ibnu umar r.a. bahwa ;Rasulullah SAW bersabda ; “Shalat jama’ah lebih baik dari padashalat sendirian dengan 27 kali lipat.”

111. 2.h.---ADZAN.---

RasulullahSAW bersabda;

“Muazin itu paling panjang kuduknya [pantas jadi pemimpin] kelak dihari kiamat.”

Adzan yang dikumandangkan lima kali dalam sehari, menularkan emosi dari isi ucapanadzan itu. Seperti ucapan“ALLAHUAkbar “ [ “Maha Besar ALLAH] atau “Hayya ’Alash Shalaah” [ mari kita shalat ]. “ Hayya ‘Alal Falaah”[Raihlah kemenangan !]

Membangkitkan semangat seseorang untuk meraih kemenangandan memengang prinsip [ Asyhadu Anlaaillaha Illallah WaAsyhaduAnna Muhammadan Rasullullah].

Siapa yang bertemu dengan ALLAH kelak sebagai seorangMuslim yang sempurna , maka hendaklahia selalu shalatJama’ah setiap mendengaradzan .

Azan sudah seperti sebuah jam dindingsaja,Oleh karena itu, seorang mu’adzin.

(yang mengumandangkan adzan). Sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu memahami secara mendalam isi adzan itu sendiri, sehingga ia akan mampu mengumandangkan adzan yang sesuai dengan isinya yang bersemangat sehingga adzan itu memiliki ‘jiwa’,

Disamping berfungsi sebagai panggilanuntuk shalat.Namun sayang nya , sering kali azdan dikumandangkan tidak ekspresif dan kurang berjiwa

HASIL CHARACTER BUILDING – PEMBANGUNAN KARAKTER.

Shalat adalah suatu metode relaksasi untuk menjaga kesadaran Diri agar tetapmemiliki cara berpikir yang fitrah . shalat adalahSuatu langkah untuk membangunkekuatan afirmasi. SholatAdalah sebuah metodeyang dapat meningkatkan kecerdasanEmosi dan spiritual secara terus -menerus . sholat adalah suatuTeknik pembentukan pengalaman yang membangun paradigma Positif [New Paradigma Shift ]. Dan sholat adalah suatu cara Untuk terus mengasah dan mempertajam ESQ yang diperolehDari rukun iman .

Setiap orang mempunyai arah [kiblat] yang dihadapinya. Maka berlombalah dalam kebaikan. Dimanapun kamu berada, ALLAH‘kan mengumpulkan kamu sekalian. Sungguh,ALLAH Maha Kuasa atas segala. Q.S. 2 suratAl Baqarah ayat 148.

--LANGKAHTiga ;--SELFCONTROLLING.--- PENGENDALIAN DIRI.

Sekiranya kebenaran mengikuti hawa nafsu mereka, niscaya binasa langit dan bumi, dan sekalian mahluk didalamnya!Tidak, Kami telah datang kan peringatan kepada mereka,tetapi mereka berpaling dari peringatan [yang diberikan kepada mereka]. Q.S. 23 surat Al Mu’ minuun ayat 71.

111.3.LANGKAH TIGA:- SELF CONTROLLIN--Pengendalian diri .

Tiada kah mereka lihat betapa banyak sebelum mereka umat yang kami binasakan ? kami teguhkan kedudukannya diatas bumi---kekuasaan yang tiada kami berikan kepadamu – dan kami turunkan diatas mereka hujan dari langit berlimpah-limpahan, dan kami jadikan sungi—sungai mengalir dibawah mereka namun kami binasakan mereka karna dosa—dosanya, dan kami ciptakansesudahmereka umat yang lain. Q.S. 6 surat Al An’aam ayat 6.

111.3. a.–MERAIHKEMERDEKAAN SEJATI .

Seorang hamba akan mendekatkan diri kepada-ku,

Hingga aku mencintainya , dan bila aku mencintainya,

Menjadilah pendengaran-ku yang di gunakannya untuk

Mendengar , penglihatan –ku yang di gunakannya

Untuk melihat, tanganku yang di gunakan nya untuk

Bertindak , serta kaki - ku yang di gunakannya untuk berjalan

Sungguh, sejahat—jahat mahluk menurut ALLAH, ialah orang yang tuli dan bisu, orang yang tiada menggunakan akal.Q.S. 8 surat Al Anfaal. Ayat 22.

111.3. b.MEMELIHARAGOD-SPOT.

Bahwa puasa adalah bentuk pelatihan untuk memelihara fitrah dalam rangka mencapaisuatu keberhasilan yang “Sesungguhnya”,

Seorang hamba akan mendekatkan diri kepada-ku , hingga Aku mencintai nya, dan bila akumencintainya, menjadilah pendengaran-ku yang digunakannya untuk mendengar, penglihatan—ku yang digunakan nya untuk melihat, tangan Ku yang digunakan untuk bertindak , serta kaki—ku yang di gunakannya untuk berjalan.

111.3. c.MENGENDALIKAN SUARA HATI .

Ketika kemarahan memuncak , suara hati sering kali bergolak tak terkendali. Semua ketegangan menjadi bertumpuk.

Itulah alasan yang membuat kita menjadi buta.Setelah meledak , barulah timbul penyesalan,tetepi terlambatkarena ledakan itu telah terlontar dan mengenai orang lain.

111.3. d.MENINGKATKAN KECAKAPAN EMOSI SECARA FISIOLOGIS.

Sungguh suatu mukjizat Rasulullah yang kini terbukti kebenarannya secara ilmiah , yaitu meningkatkan kecakapan emosi dan spiritual.

111.3. e.– PENGENDALIANPRINSIP.

Di sinilah sesungguhnya letak keunggulan puasa yang tertinggi, Pengendalian diri agar selalu berada pada jalur fitrah, supaya selalu memiliki tingkat kecerdasan emosi yang tinggi.

1.PENGENDALIAN STAR PRINCIPLE-- PRINSIP SATU.

[IMAN kepada ALLAH].

Disinilah orang sering tersesat . Ia benar-benar akan jatuh dan merasakan kepedihan akabat menjauhi Tuhan.

Sering kali ALLAH mengingatkan manusia agar tetap konsisten pada tujuan utama,Yaitu berpengang dan bersujud hanya kepada ALLAH,

ALLAH, Ia-lah yang meninggikan langit, tanpa tiang yang nampak olehmu. Kemudian Ia bersemayam di atas ‘Arasy, dan menundukan matahari dan bulan [kepada hukumnya],masing-masing menempuh [jalan] selama waktu yang ditentukan. Ia mengatur segala urusan, dan menjelaskan tanda—tanda, supaya kamu meyakinipertemuan dengan Tuhanmu. Dan Ia-lah yang membentangkan bumi, menancapkan diatasnya gunung-gunung,dan mengalirkan sungai-sungai. Dan setiap jenis buah-buahan dijadikannya didalam nya berpasang-pasangan. Ditutupkan-nya malam kepada siang.Sungguh, dalam semua ituada tanda-tanda

[kekuasaan Tuhan ] bagi kaum yang mempergunakan pikiran. Q.S. 13 surat Ra’d [guntur] ayat 2-3-

2.PENGENDALIANANGEL PRINCIPLE –PRINSIP DUA.

[ KEPERCAYAAN ].

ALLAH memilih dari para malaikat Rasul-rasul, dan [juga] dari manusia. Sungguh, ALLAH Maha Mendengar , Maha Melihat . Q.S. 13. Surat Al Hajj ayat 75.

Memperoleh kepercayaan adalah suatu dorongan dan keinginan setiap orang . memperoleh kepercayaan tanpa didasari oleh kebenaran akan mengakibatkan sebuah kegagalan .

3.PENGENDALIAN LEADERSHIP PRINCIPLE– PRINSIP TIGA.

Kepemimpinan

“Bismillahhiramanirrohiim” sebelum mulai bertindak.

-Seorang pemimpin karna kedudukannya , kenyataannya ia tidak pernah memimpin apapun , karna tujuan semata-mata hanya untuk memperoleh sebuah kedudukan, dimana ia akan memperoleh suatu keuntungan.

Ia-lah yang memuji kamu, demikianlah malaikat-malaikat-nya [mendoakan kamu ], supaya Ia datat mengeluarkan kamu dari gelap kepada terang . Ia MahaPenyayang terhadap orang yang beriman. [ Q.S. 33. Surat A Ahzab ayat 43. ]-

3.PENGENDALIAN LEARNING PRINCIPLE-PRINSIP EMPAT.

PrinsipPembelajaran.

-ALLAH membimbing dengannya siapa yang mengikuti keridhoan-nya melaluijalan—jalan keselamatan , dan membawa mereka dengan izin-nya keluar dari kegelapan menuju cahaya- Menunjuki mereka jalan yang lurus.

Hai manusia! Telah datang kepadamu yang nyata dari Tuhanmu [yaitu Muhammad denan mu’jizatnya], dan telah kami turunkankepadamu Cahaya yang terang [yaitu Al Qu’an].Q.S. 4 surat An Nisaa’ ayat 174.

5. PENGENDALIAN VISIONPRINCIPLE - - PRINSIP LIMA.

VISI.

- HAI jiwa yang tenang ! KEMBALILAH kepada TUHAN mu dengan hati yang senang dan diridhai-nya!MASUKLAH kau dalam golongan hamba-hamba-ku, dan masuklah ke dalam Surga-ku !. [Q.S. 89 surat[ Al fajar]ayat27-30.

Visi manusia memang telah menunjukan kekuatan nya, terbuktivisi ini menciptakanbegitu banyak orang yang“ berhasil”.

Orang yang mampu berpuasa untuk mengendalikan visinyajustru ia akanmemperoleh hasil yang lebih baik,

6. PENGENDALIAN Well ORGANIZED PRINCIPLE [KETERATURAN].

PRINSIP ENAM.

Bukanlah ALLAH menganiaya mereka,tetapi mereka sendiri menganiaya dirinya.

-HASIL SELF CONTROLLING- PENGENDALIAN DIRI.

Puasa adalah suatu metode pelatihan untuk pengendalian diri. Puasa bertujuan untuk meraih kemerdekaan sejati , dan pembebasan dari belenggu nafsu yang tak terkendali . puasa yang baik akan memelihara aset kita yang paling berharga yaitu fitrah diri. Di samping tujuan puasa yang lain nya yaitu untu mengendalikaan suasana hati, maka tujuan puasa lain nya adalah untuk meningkatkan kecakapan puasa secara fisiologis, dan pelatihan untuk menjaga prinsip-prinsip yang telah dianut berdasarkan Rukun Iman.

...HanyalahOrang yang sabar yang akanmenerima pahalanyatanpabatas!Q.S. 39surat Az Zumarayat 10.

111.4. SARAN DAN APLIKASI PERNONAL STRRENGTH.

[1]. ketika mengucapkan dua kalimat shahadat, baik di dalam sholat atau didalam do’a lainnya, ucapkanlah dengan perlahan-lahan, berupayalah untuk memperoleh makna dari ucapan tersebut,

[ 2]. Lakukanlah shalat lima waktu dengan disiplin dan khusyu’. Shalat anda justru akan meningkatkan produktifitas apabila anda tinggalkan pekerjaan anda untuk sesaat [+_5menit]. Anda butuh relaksa Ketika waktu shalat tiba . pikiran anda akan kembali jernih setelah itu , Dan kembali cerdas[fitrah] .

Kecerdasan emosi dan spiritual anda akan bangkit dan muncul kembali ketika anda mengucapkan setiap kata di dalan shalat , Contohnya ketika anda melafadzkan“Bismillahirrahmanirrahiim”.

Ingatlah anda bekerja atas nama ALLAH yang Maha Mulia.

Yang bersifat Rahman dan Rahim. Tanamkan sifat mulia itu di dalam dada anda , maka andapun harus bersifat rahman dan rahim. Ketika menyucapkan “ALLAHU Akbar” . INGATLAH akan kebesaran ALLAH,

[3].Lakukan puasa wajib [pada bulan Ramadhan ] dan puasa sunnah untuk meningkatkan kemampuan kendali diri anda . lakukanlah pekerjaan sehari-hari seperti biasa pada saat berpuasa . bekerja maksimum sambil menahan lapar dan haus serta emosi yang tak terkendali. Saat itu yang harus di kedepankan adalah sifat-sifat fitrah. Seperti sifat rahman , rahim, sabar, mencipta, adil , memberi , sikap sungguh-sungguh, konsisten dan sifat-sifat mulia lainnya .

- Tidakkah kau lihat , bagaimana ALLAH membuat perumpamaan ?Suatu perkataan yang baik seperti pohon yang baik .akarnya kuat [terhujam], dan cabang nya ke langit[menjulang].

Ia menghasilkan buahnya setiap waktu dengan seijin Tuhannya. Dan ALLAH membuat perumpamaan bagi manusia , supaya mereka ingat selalu .Dan perumpamaan perkataan yang buruk adalah seperti pohon yang buruk , yang di cabut dari dalam bumi , dan tiada kekuatan nya,ALLAH menguatkan orang-orangyang beriman, dengan perkataan yang teguh dalam kehidupan di dunia dan di akhirat .

Tapi ALLAH menyesatkan orang-orang yang durjana, dan ALLAH melakukanapa saja yangia kehendaki .[Q.S. 14 surat Ibrahim. ayat 24-27.] .

[BERSAMBUNG]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline