Lihat ke Halaman Asli

Posko 06 Mangunsari

UIN WALISONGO SEMARANG

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Lomba Peringatan 10 Muharram

Diperbarui: 24 Juli 2024   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN UIN Walisongo bersama peserta lomba 10 Muharram. (14-15/07/2024). (Dok. Kominfo Posko 06)

Di RW 03 Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo Semarang mengadakan berbagai kompetisi untuk merayakan peringatan 10 Muharram. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memeriahkan Tahun Baru Islam dan mendorong siswa TPQ untuk lebih semangat religious.

Siswa TPQ sangat semangat dalam terlibat dalam berbagai kompetisi. Beberapa kompetisi yang diadakan yakni lomba cerdas cermat bertema Islam, di mana peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas atas dan bawah. Masing-masing kelompok menunjukkan pengetahuan mereka tentang agama Islam dengan menjawab pertanyaan yang tepat.

Selain lomba cerdas cermat, mahasiswa KKN UIN Walisongo juga mengadakan lomba adzan dan sholat. Dalam lomba adzan, para peserta menunjukkan kemampuan mereka dalam melantunkan adzan dengan merdu dan fasih. Lalu yang terakhir ada lomba shoat maghrib, para peserta menunjukkan kemampuan mereka dalam membaca bacaan dengan tepat, mengurutkan rakat shalat, jumlah rakat dengan tept, serta urutan gerakan dalam sholat dengan benar dan tepat.

Kegiatan lomba ini tidak hanya bertujuan sebagai kompetensi, tetapi juga bertujuan sebagai alat untuk memberikan pendidikan dan menyebarkan kebaikan kepada para siswa TPQ serta masyarat. Diharapkan kegiatan-kegiatan seperti ini akan membantu siswa-siswi TPQ serta masyarakata lebih memahami prinsip-prinsip agama Islam. Mahasiswa KKN UIN Walinsongo Semarang dan warga kelurahan bekerja sama sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancer dan berhasil. Semangat gotong royong dan kolaborasi yang dilakukan menunjukkan bahwa kita dapat membangun hal-hal yang bermanfaat melalui kerja sama yang baik.

Siswa Siswi TPQ serta warga Kelurahan Mangunsari sangat antusias dengan kegiatan lomba ini. Mereka sangat mengapresiasi upaya mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang dalam menyemarakkan peringatan 10 Muharram dan meningkatkan semangat religious di Kelurahan Mangunsari. Lomba yang diadakan oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo ini adalah contoh nyata dari peran mahasiswa dalam membantu masyarakat. Diharapkan kegiatan ini akan berkembang menjadi tradisi tahunan di RW 03, Kelurahan Mangunsari dan terus menginspirasi generasi muda untuk terus belajar tentang nilai-nilai agama Islam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline