Lihat ke Halaman Asli

ARISSA YULIAARIYANI

Gak Suka Nulis

Pengawasan terhadap Peserta Didik dalam Menggunakan Gadget pada Pembelajaran Daring

Diperbarui: 20 Agustus 2021   01:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dalam suatau proses pembelajaran, tentu mempunyai tujuan agar yang diajar paham atas apa-apa yang disampaikan oleh pengajar. Dengan itu, maka pengajar harus memiliki suatu metode atau cara agar apa-apa yang disampaiakan dapat dipahami dengan baik oleh yang diajar.

Kita tau pada situasi pandemi ini, pemerintah telah menetapkan berbagai aturan yang berkaitan dengan pemutusan rantai penyebaran virus covid 19, diantaranya adalah dengan pembatasan kegiatan yang dilakukan di luar rumah, serta menghindari kerumunan.

Dan yang demikian ini tentu berpengaruh terhadap sistem pendidikan yang berkaitan dengan metode pembelajaran,  bagaimana konsep pembelajaran atau metode pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar atau guru terhadap siswanya sehingga materi yang disampaikan dapat tersampaikan dan dipaham dengan baik oleh siswa-siswanya.

Dan dengan ini maka trobosan dari permasalahan mengenai konsep pembelajaran yang dilaksanakan di masa pandemi sehingga materi yang disampaikan pengajar masih tetap tersampaikan dengan baik dan dapat dipaham adalah dengan metode pembelajaran daring. 

Dimana pembelajaran daring ini masing-masing siswa masih tetap bisa mengikuti pembelajaran akan tetapi dilaksanakan dirumah masing-masing dengan menggunakan saluran internet, seperti google class room, zoom, google meet dan lain sebagainya. 

Tentunya sistem pembelajaran daring memliki nilai plus minusnya dan jika dibandingkan dengan sistem pembelajaran tatap muka tentu sangat berbeda apalagi bagi siswa yang perlu adanya adaptasi mengenai sistem pembelajaran baru ini.

Berbagai kendala dari adanya pembelajaran daring terbagi menjadi dua, yakni kendala dari oarangtua wali siswa dan dari siswa itu sendiri. Terlebih bagi siswa, terkadang siswa banyak yang mengeluh terkait pembelajaran daring ini seperti halnya tentang apa yang disampaikan oleh guru dengan melalui saluran internet yang kurang jelas karena kendala sinyal dan mengakibatkan tingkat pemahaman siswa menjadi berkurang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline