Lihat ke Halaman Asli

Aris Official

Mahasiswa

Bela Negara Dapat Menumbuhkan Karakter pada Peserta Didik

Diperbarui: 16 Desember 2022   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bela negara sangat penting untuk dipelajari, tidak hanya untuk dipelajari tetapi juga perlu untuk dilatih agar sistem bela negara bisa jauh lebih baik, karena dengan mempelajari tentang bela negara dapat menumbuhkan karakter, sikap, serta mempunyai jiwa patriotisme dan nasionalisme serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara. Usaha bela negara merupakan kewajiban bagi warga negara untuk membela bangsa dan negaranya, usaha membela negara merupakan hak dan kewajiban bagi warga negara dengan ikut serta berpartisipasi menciptakan keadaan negara yang aman, tertib, dan tenteram.

Dalam dunia pendidikan para peserta didik harus dibekali dengan semangat yang kuat dan berjiwa patriotisme, serta mempunyai sikap nasionalisme maka dari itu dalam dunia pendidikan harus ada yang namanya pembelajaran bela negara khususnya dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Bela negara sangat penting untuk dipelajari karena bela negara merupakan bagian dari diri sendiri, artinya upaya bela negara selain sebagai kewajiban dasar manusia juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara.

Dengan mempelajari atau mengajarkan bela negara kepada peserta didik, para peserta didik bisa dapat menumbuhkan karakter yang baik, bela negara dalam dunia pendidikan dapat diajarkan kepada peserta didik dengan cara seperti upacara pagi, ikut ekstrakurikuler seperti pramuka, seni bela diri, lalu mengadakan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa), dengan begitu siswa dapat bisa menumbuhkan sikap dan karakter yang baik dan juga bisa menumbuhkan jiwa patriotisme serta sikap nasionalisme.

Menumbuhkan jiwa patriotisme pada peserta didik itu juga bagian dari bela negara karena pada dasarnya jiwa patriotisme mengajarkan sikap yang berani, pantang menyerah, dan rela berkorban. Rela berkorban akan menumbuhkan karakter atau sikap daripada para peserta didik seperti rela menggantikan teman piket harian saat temannya tersebut tidak hadir, meminjamkan alat tulis kepada temannya yang lupa membawakan alat tulis, bergotong royong membersikan kelas. Menumbuhkan sikap yang berani kepada peserta didik bisa dengan memberikan tugas lalu dikerjakan dipapan tulis, memberikan tugas menyelesaikan suatu permasalahan lalu memberikan solusi dengan cara berdiskusi, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berani bertanya. Menumbuhkan sikap pantang menyerah kepada peserta didik bisa dengan diikutkan perlombaan atau olimpiade, karena ketika suatu perlombaan yang peserta didik itu ikuti lalu peserta didik tersebut tidak berhasil dalam perlombaannya maka dengan begitu sikap pantang menyerahnya bisa terbentuk.

Mengimplementasikan sikap nasionalisme kepada para peserta didik bisa dengan memberikan suatu gambaran tentang keragaman dan kebudayaan yang ada, keragaman dan kebudayaan seperti menjelaskan tentang perbedaan agama, ras, suku, etnis serta budaya yang berbeda, dengan begitu sikap nasionalisme atau cinta tanah air akan tumbuh pada peserta didik.

Bagi warga negara, membela negara merupakan hak dan kewajiban yang sangat penting demi terpenuhinya segala kepentingan warga negara. Bela negara tidak hanya dapat menumbuhkan sikap tetapi juga wujud dari kecintaan terhadap bangsa dan negara. Kecintaan terhadap bangsa dan negara timbul karena adanya jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline