Lihat ke Halaman Asli

aris munandar

Digital Marketing & Blogger

Makan Banyak, Berat Badan Tidak Naik! Mungkin Ini Penyebabnya

Diperbarui: 15 Desember 2021   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik.com

Hallo sobat DB, ada Sebagian orang yang mengeluh sulit sekali menurunkan berat badan, ternyata ada juga seseorang yang mengeluh sulit menaikkan berat badan, padahal mereka sudah makan yang cukup banyak. Biasanya keinginan tersebut muncul akibat beberapa alasan, mulai dari badan yang terlalu kurus, ingin menaikkan berat badan menjadi ideal, ada juga yang merasa risih karena di anggap orang yang kurus kekurangan gizi. Ternyata ada beberapa factor loh yang mempengaruhinya serta bagaimana cara menyelesaikan solusi tersebut, selengkapnya di bawah ini

Penyebab Makan Banyak Tapi Tetap Kurus

  • Faktor Turunan

Penyebab berat badan kamu tidah naik-naik yang pertama mungkin karena factor turunan / Genetik, bukan hanya penyakit saja yang dapat di turunkan, genetik tubuh kurus ternyata juga bisa.

Orang yang sudah mengetahui kalau garis keturunannya kurus, sebanyak apapun mereka makan, tidak akan membuat ukuran tubuhnya menjadi besar, Karena metabolisme orang tersebut sangat cepat. Metabolisme berperan penting untuk membakar kalori, sehingga tubuh orang tersebut akan tetap kurus, walaupun sudah makan dalam porsi berlebih.

  • Sering Aktivitas Fisik

Factor yang kedua mungkin kamu terlalu sering aktivitas fisik, seperti sering berjalan kaki, ataupun rutin berolahraga. Hal tersebut yang menyebabkan badan kamu tetap kurus, karena jumlah kalori yang kamu masukkan tidak seimbang dengan kalori yang di bakar. Hal ini sering di jumpai oleh atlet professional, karena aktivitas fisik yang berlebihan, membuat badan mereka sulit gemuk.

  • Konsumsi Allkohol

Sering minum-minuman beralkohol menjadi salah satu factor kamu susah menjadi gemuk, karena alcohol yang di masukkan ke dalam tubuh akan di serap oleh darah untuk di edarkan ke suluruh organ, yang akan menekan system saraf.

Jika kamu mengkonsumsi alcohol dalam jumlah yang sedikit, akan menghasilkan efek ketenangan. Namun akan berbeda juga kamu sudah kecanduan atau minum berlebihan akan menyebabkan penyakit yang berbahaya. Oleh sebab itu jika kamu ingin menggemukkan badan sebaiknya mengurangi atau menghindari minum-minuman ber alcohol.

  • Stress berkepanjangan

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami yang Namanya stress, nafsu makannya akan terganggu, bahkan ada yang sampai kehilangan nafsu makan. Hal tersebut akan membuat tubuh kita tak berdaya, oleh karena itu segeralah pergi ke psikolog untuk mendapatkan jalan keluar. Sehingga kamu bisa hidup tenang, dan meningkatkan berat badan lagi.

  • Hipertiroidesme

Penyebab selanjutnya mungkin kamu terkena penyakit Hipertiroidesme, hal ini yang menyebabkan kadar hormone tiroid berlebihan sehingga meningkatkan metabolism pada tubuh. Biasanya jika seseorang terkena penyakit tersebut, akan mengalami nafsu makan yang berlebihan namun kondisi badan tidak bisa gemuk, serta di tambah keluhan pendukung seperti jantung berdebar-debar, mudah berkeringat, dan lain sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Diabetes tipe 1

Factor yang mungkin terjadi kamu terkena Diabetes Tipe 1, berbeda dengan Diabetes tipe 2 yang memiliki kondisi kelebihan berat badan atau obesitas, sedangkan diabetes tipe 1 identik dengan kekurangan berat badan alias kurus. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun, penyakit ini terjadi karena kesalahan genetic atau system kekebalan dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline