Lihat ke Halaman Asli

Arisma Prabandari

Hay. Aku Risma, Mahasiswa asal Demak. Salam kenal👋😊

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Diperbarui: 9 Desember 2020   16:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bekas jerawat (sumber gambar: merdeka.com)

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Sama seperti jerawat, bekas jerawat adalah kondisi yang cukup umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Sekitar 80% orang berusia 11 hingga 30 tahun memiliki jerawat dan satu dari lima orang yang ada di populasi tersebut mempunyai bekasnya.

Sebelumnya mari ketahui dahulu faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat yaitu:

a. Faktor hormon
b. Alergi makanan
c. Penggunaan kosmetik yang sembarangan
d. Penyumbatan bakteri sebagai penyebab jerawat
e.Masa pubertas

Berikut adalah cara untuk menghilangkan bekas Jerawat

1. Menggunakan Es Batu
batu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Bila peredaran darah lancar dapat membantu menghilangkan jerawat membandel. Caranya, ambil es batu secukupnya, bungkus dengan kain bersih. Lalu letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik. Lakukan secara rutin sampai jerawat terlihat mengempis.

2. Gunakan Masker Mentimun
Selain memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya. Dimana kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Caranya, cukup gunakan masker mentimun pada kulit berjerawat secara teratur.

3. Rutin Pakai Pelembab
Menyamarkan bekas jerawat yang hitam dapat didukung dengan rutin memakai pelembap. Penggunaan pelembap dapat membantu melindungi kulit serta menjaga kesehatan kulit wajah dan terhidrasi dengan baik.

4. Madu
Cara menghilangkan jerawat juga bisa memakai madu yang mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan di pori-pori. Selain itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka. Kita cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas steril, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat. Caranya, kita cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas steril, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline