Lihat ke Halaman Asli

Aris Heru Utomo

TERVERIFIKASI

Penulis, Pemerhati Hubungan Internasional, kuliner, travel dan film serta olahraga

Terima Kasih Kirgistan

Diperbarui: 26 Januari 2024   06:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar: IG Erick Thohir

Sejarah baru persepakbolaan Indonesia terukir. Harapan Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 akhirnya terwujud setelah Kirgistan mengimbangi Oman dengan skor 1-1, pada pertandingan hari Kamis (25/01/2024) malam pukul 22.00 WIB.

Sempat tertinggal 0-1 lewat gol cepat Muhsen Al Ghassani di menit ke-8, Kirgistan akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-80 lewat J. Kojo.

Dengan hasil imbang tersebut, Oman pun mengumpulkan poin 2 dan menempati posisi ke-3 Group F. Adapun Kirgistan akhirnya memperoleh poin 1 dan menjadi juru kunci Group F.

Berkat hasil imbang Kirgistan vs Oman, Indonesia akhirnya lolos ke babak 16 besar dengan status empat peringkat tiga terbaik di setiap group

Dengan lolos ke babak 16 besar, anak asuh Shin Tae Yong bakal bertemu dengan Australia yang berstatus sebagai juara Group B. 

Melawan Australia yang merupakan peringkat ke-25 FIFA, Indonesia yang merupakan peringkat ke-146 dunia diperkirakan bakal kesulitan menaklukkan negeri Kanguru tersebut.

Kualitas Australia sendiri bisa dilihat hat di Piala Dunia 2022 yang juga berlangsung di Qatar, Australia merupakan salah satu negara yang  berhasil lolos ke babak 16 besar, sebelum akhirnya dihentikan Lionel Messi dkk dengan skor 1-2.

Namun demikian, seperti selalu dikatakan bahwa Bola Bundar Bulat, maka jangan pantang menyerah. Segala sesuatu bisa terjadi di lapangan sebelum waktu pertandingan terakhir.

Jangan terlalu dipikirkan hasilnya. Yang penting siapkan diri dengan baik hadapi Australia. Bermain lepas tana beban. Apapun hasilnya nanti, yang penting sejarah baru sepakbola Indonesia telah tercipta, lolos ke babak 16 besar Piala Asia. (AHU)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline