Lihat ke Halaman Asli

Aris Heru Utomo

TERVERIFIKASI

Penulis, Pemerhati Hubungan Internasional, kuliner, travel dan film serta olahraga

Peran Blogger dalam Pembentukan Komunitas ASEAN

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa persamaan antara blogger dan ASEAN?” begitu pertanyaan seorang teman ketika mengetahui bahwa saya seorang blogger dan bekerja di institusi yang erat terkait dengan masalah ASEAN.

Belum sempat saya menjawab pertanyaan tersebut, teman saya langsung menjawabnya sendiri “Sama-sama senang membentuk komunitas. Lihat saja di kalangan blogger ada Komunitas Blogger Bekasi, Komunitas Blogger Bengawan Solo, Komunitas Blogger Tugu Pahlawan dan sebagainya. Adapun ASEAN sendiri pada tahun 2015 nanti akan membentuk Komunitas ASEAN”.

“Benar sekali, mereka membentuk komunitas karena memang ada banyak kesamaan untuk melakukan hal itu. Sesuai asal kata Komunitas (communitas), yang berarti kesamaan, kesamaan dalam suatu komunitas bisa berupa tujuan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, tempat tinggal atau sejumlah kesamaan lainnya” timpal saya segera.

“Blogger membentuk komunitas, bisa jadi karena adanya kesamaan tempat tinggal seperti pada Komunitas blogger yang saya sebut di atas. Kesamaan tersebut kemudian juga didukung kesamaan tujuan, misalnya ingin mempromosikan atau menceritakan segala hal menyangkut kota tempat tinggalnya seperti yang dilakukan Komunitas Blogger Bekasi”, ujar saya lagi

“Adapun bagi ASEAN, selain memiliki kesamaan tempat tinggal yaitu di kawasan Asia Tenggara, ada banyak kesamaan lainnya seperti sumber daya dan preferensi yang dapat didaya gunakan bagi kemajuan bersama, terlebih sejak terbentuknya ASEAN baru”, ujar saya masih menambahkan.

Ya sejak hampir dua tahun lalu, tepatnya sejak disepakatinya Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember 2008, ASEAN memang telah berubah menjadi ASEAN baru. Dengan Piagam ASEAN tersebut, ASEAN menjadi suatu organisasi yang memiliki legal personality dan aturan hukum yang jelas. ASEAN pun semakin memantabkan langkahnya menuju terbentuknya suatu Komunitas ASEAN di tahun 2015. Suatu Komunitas ASEAN yang didasarkan pada 3 pilar yaitu: Politik Keamanan, Ekonomi dan Sosial-Budaya.

Selain kesamaan dalam membentuk komunitas, lalu apa hubungannya blogger dengan ASEAN dan bagaimana perannya dalam ikut serta membentuk Komunitas ASEAN?

Pasal 1 ayat 13 Piagam ASEAN menyebutkan bahwa dalam upaya menjadikan ASEAN yang berorientasi kepada masyarakat maka “all sectors or society are encouraged to participate in, and benefit from, the process of ASEAN integration and community building.” Dalam konteks inilah maka blogger kemudian memiliki keterkaitan dan peran di ASEAN. Sebagai penulis indie dan pewarta warga, blogger dan komunitasnya dapat berpartisipasi dalam proses integrasi dan pembentukan komunitas ASEAN mewakili suara baru masyarakat Indonesia dan kawasan dengan semangat egaliter dalam menyebarluaskan informasi ke berbagai lapisan masyarakat, melengkapi apa yang sudah diwartakan media massa.

Blogger dapat berperan dalam meningkatkan interaksi beragam entitas yang terkait dengan ASEAN, dan interaksi antar rakyat negara-negara anggota ASEAN melalui berbagai kerjasama di berbagai bidang, khususnya di sektor ekonomi dan sosial-budaya. Blogger juga dapat membantu mendekatkan masyarakat ASEAN dalam berbagai program ASEAN. sehingga pada masa mendatang ASEAN bukan lagi hanya didominasi oleh kalangan pejabat pemerintah dan diplomat. Karena bagaimanapun integrasi ekonomi dan kerjasama keamanan akan menjadi tidak berarti jika links di antara masyarakatnya lemah.

Dalam konteks ini, tidak mengherankan jika kemudian Kementerian Luar Negeri RI mulai melibatkan peran serta blogger dalam menyebarluaskan perkembangan ASEAN ke seluruh pemangku kepentingan di Indonesia. Salah satu tujuannya adalah agar masyarakat lebih ngeh dan aware mengenai beragam isu menyangkut hubungan antar bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

Ketika pertama kali saya usulkan pelibatan peran serta komunitas blogger, memang sempat muncul pertanyaan mengenai kesiapan mereka dalam menerima dan melaksanakan kegiatan mempromosikan ASEAN. Sempat muncul pandangan bahwa isu mengenai ASEAN bukanlah isu yang seksi bagi para blogger yang umumnya lebih tertarik dengan isu-isu di seputar perkembangan teknologi informasi dan upaya memonetize blognya. Masalah ASEAN hanya dipandang sebagai masalah politik yang menjadi urusan pemerintah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline