Lihat ke Halaman Asli

arisepti

karyawan

Mahasiswa Pertanian UIJ Menambah Experience dengan PKL di PT GMU Buah Tropis

Diperbarui: 30 Agustus 2024   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa PKL, DPL Bersama Owner PT GMU Buah Tropis

Untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, wawasan dan pengalaman dalam dunia kerja, Fakultas Pertanian Universitas Islam Jember melaksanakan program PKL atau magang diberbagai instansi. Salah satu instansi tempat PKL adalah PT GMU: Buah Tropis yang terletak di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember. PT GMU: Buah Tropis dikenal sebagai supplier bibit buah tropis yang pangsa pasarnya hingga luar Pulau Jawa.

Selama satu bulan mahasiswa diberikan kegiatan dibawah bimbingan para ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. Kegiatan yang mereka lakukan diantaranya seperti melakukan pembibitan dengan berbagai macam cara (stek dan cangkok), menerima dan mendata bibit yang datang serta melakukan pengiriman bibit kepada pembeli baik di dalam kota maupun di luar kota. Kegiatan PKL yang dilakukan pada dasarnya merupakan wadah bagi mahasiswa untuk dapat belajar secara langsung serta mengimplementasikan mata kuliah yang telah diterima dan dipelajari selama di kampus. Selain itu mahasiswa akan mendapatkan experience serta ilmu baru yang belum pernah diterima oleh mereka selama diperkuliahan.

Kegiatan PKL ini dilaksanakan mulai tanggal 22 Juli 2024 hingga tanggal 22 Agustus 2024. Sebanyak tiga mahasiswa ditempatkan pada PT GMU: Buah Tropis ini. Mereka melaksanakan kegiatan tersebut selama satu bulan penuh. Ketiga mahasiswa tersebut diberikan fasilitas berupa mess sehingga mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan PKL dengan maksimal. Diharapkan ilmu dari pelaksanaan PKL ini bisa meningkatkan motivasi mahasiswa untuk terinspirasi untuk bisa berwirausaha sendiri. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline