Lihat ke Halaman Asli

Arisandi Setiyawan

Menulis merupakan salahsatu cara untuk meningkatkan pengetahuan

Berbagi di Masa Pandemi

Diperbarui: 16 Agustus 2021   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pandemi COVID-19 yang telah ditetapkan oleh WHO menjadi ancaman global sejak 11 Maret 2020 membuat masyarakat di seluruh dunia meningkatkan kewaspadaan untuk menekan penyebaran virus tersebut. Pemerintah pusat telah menetapkan pandemi COVID-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat melalui keputusan presiden No. 11 Tahun 2020. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak kasus positif corona dengan kasus kematian yang cukup tinggi. Untuk menekan laju penyebaran virus corona, salah satu usaha yang dilakukan adalah promosi atau edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

Banyak upaya yang sudah dilakukan untuk melaksanakan PHBS seperti penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir beserta sabun secara swadaya ditempat-tempat umum bahkan di rumah-rumah, dan pembersihan lingkungan dengan penyemprotan disinfektan secara swadaya. 

Faktanya, masih kurang kesadaran masyarakat terutama anak-anak untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Fakta tersebut diatas menjadi dasar pemikiran beberapa dosen Universitas Islam Madura untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi. tema pengabdian yang dilakukan yaitu PEDULI COVID-l9 " Pembagian Masker Karakter Gratis dan Edukasi Kepada Anak Terhadap Pendtingnya Kebersihan Dalam Bermain. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di desa Jalmak, Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. adapun dosen dosen yang terlibat dalam pengabdian tersebut antara lain : DewiPusparini, S.Pd. M.Pd, Arisandi Setiyawan, M.Pd, Rini Listyowati, S.S., M.Pd dan Rini Listyowati, S.S., M.Pd. 

kegiatan pengabdian pada tanggal 11 April 2021 dengan melakukan pendampingan (memberikan penyuluhan, pemahaman dan praktek bagaimana menjaga kesehatan selama pandemi. selain itu kegiatan dilanjutkan dengan pembagian masker kepada peserta/anak-anak) terhadapa 20 Anak di Desa Jalmak .

Bapak Mahat selaku ketua RT setempat mengungkapkan rasa terimakasih kepada tim atas terselenggaranya kegiatan tersebut. "saya sangat berterimakasih dan mendukung penuh kegiatan ini, dengan adanya kegiatan seperti ini, warga kami khususnya anak-anak bisa lebih menyadari akan pentingnya hidup sehat". imbuh beliau. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline