Lihat ke Halaman Asli

Arisan CandraNainggolan

Dosen Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas

Daftar Aplikasi untuk Memudahkan Penulisan Karya Ilmiah

Diperbarui: 9 Desember 2022   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Daftar Aplikasi Untuk Memudahkan Penulisan Karya Ilmiah

Oleh : Arisan Candra Nainggolan, M.Pd., & Dr. Edy Surya, M.Si.

Karya Ilmiah merupakan tulisan--tulisan ilmiah yang sudah disusun berdasarkan panduan penelitian, walaupun dibuat sesederhana apapun penelitian ini harus tetap berdasarkan pada poin--poin penting didalamnya. Oleh karena itu Karya Ilmiah biasanya hanya diberikan kepada tingkatan Dosen, Mahasiswa, Peneliti dan banyak para akademisi lainnya yang sudah mumpuni. Banyak yang menganggap proses menulis karya ilmiah itu sulit dan melelahkan, namun sebenarnya sudah banyak aplikasi yang memudahkan akademisi untuk menyelesaikannya. Berikut ini aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan untuk bisa kita gunakan

1. Open Knowledge Maps

Open Knowledge Maps adalah aplikasi yang didedikasikan untuk merevolusi penemuan pengetahuan ilmiah untuk sains dan masyarakat.  Layanan publik ini memberikan kita sebuah cara baru untuk menemukan penelitian atau tulisan lain terkait topik yang hendak kita dalami atau teliti.  Sebagai pengguna kita bisa mendapatkan gambaran, konsep terkait, pengelompokan topik, dan penandaan konten yang terbuka bagi publik (open content).

Penggunaannya juga tidak sulit. Kita cukup memasukkan kata kunci topik yang hendak dicari, dan sistem akan mencari 100 dokumen paling terkait dengan kata kunci yang kita buat. Sistem akan menentukan kemiripan kata kunci dan mengembangkan pemetaan visual bagi pengguna. Aplikasi Open Knowledge Maps ini dapat kita jadikan sebagai trik terakhir yang cukup efektif dalam proses pencarian research gap. 

2. Google Scholar atau Google Cendekia

Google Scholar atau Google Cendekia adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Lewat layanan ini, pengguna bisa mencari ribuan jurnal, skripsi, tesis, ataupun karya ilmiah lain yang terkait dengan penelitian yang sedang ditulis. Selain untuk mencari referensi, Google Scholar juga bermanfaat untuk mempublikasikan jurnal hasil karya tulis ilmiah yang telah dibuat oleh akademisi, baik itu dosen, mahasiswa, maupun, profesor.

Untuk mengakses Google Cendekia ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengetik https://scholar.google.co.id pada jendela browser dan kemudian akan langsung diarahkan ke mesin pencarian Google Cendekia.

3. e-Resources Perpusnas

jika kita merasa bahwa sumber refrensi yang kita butuhkan masih kurang banyak maka e-Resources Perpusnas adalah salah satu solusinya. Melalui situs e-Resources Perpusnas, kita dapat mengakses beragam jurnal, ebooks, dan berbagai  macam karya-karya referensi online yang lain baik terbitan lokal maupun internasional. Untuk dapat memanfaatkan layanan tersebut, kita pengguna perlu mendaftar sebagai anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia agar memperoleh nomor anggota yang sah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline