Lihat ke Halaman Asli

Aris Balu

Penulis

Pengaruh "Lord of The Rings" Terhadap Perkembangan Musik Rock dan Metal

Diperbarui: 25 Juli 2022   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image caption: https://www.youtube.com/watch?v=RrAo2stVCuI

Tidak dapat dipungkiri, sastra dan musik memiliki hubungan simbiosis yang erat. Banyak lagu yang terlahir dari narasi cerita dan begitupun sebaliknya. Sebagai karya fantasi terbaik sepanjang masa, Lord of The Rings membekas pada banyak orang, tidak terkecuali para musisi cadas ternama. 

Hal tersebut tidaklah mengherankan karena karya J.R.R Tolkien tersebut memang dipenuhi oleh puisi serta lagu-lagu yang mengagungkan perjuangan melawan kejahatan, kerinduan akan kampung halaman, hingga kebahagiaan sederhana dari mengisap tembakau dan menikmati secangkir minuman. 

Serial yang sarat akan imajinasi, petualangan, nilai moral serta gaya narasi yang mewah tersebut merupakan gudang inspirasi bagi para seniman di seluruh dunia. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana Tolkien mempengaruhi dua genre musik yang saya gemari, Rock dan Metal

Layaknya batu bata, serpihan karya Tolkien telah menjadi bahan utama dari istana genre musik keras tersebut. Bagaimana pengaruhnya? yuk kita simak bersama-sama.

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Led Zeppelin, group band asal Britania Raya yang sering dianggap sebagai rajanya musik Rock klasik. 

Yang tidak banyak orang ketahui, Middle-Earth merupakan inspirasi terbesar bagi karya-karya Robert Plant dan bandnya di awal kemunculan mereka. Lagu seperti "Ramble On (1969)" dipenuhi oleh referensi dari serial karya J.R.R Tolkien dalam liriknya. Simak lagunya dibawah ini:


"Leaves are falling all around,

it's time I was on my way"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline