Lihat ke Halaman Asli

UNIVERSITAS BINA BANGSA

KKM-58 (KADUDAMPIT)

KKM-58 KADUDAMPIT ikut serta dalam Kegiatan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) 2022

Diperbarui: 17 Agustus 2022   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 4 agutus 2022 tepatnya pada hari kamis mahasiswa kkm-pkm universitas bina bangsa ikut serta dalam kegiatan BIAN (Bulan imunisasi anak nasional) didesa kadudampit,  acara tersebut dihadiri ibu-ibu hamil ataupun yang memiliki anak usia 9 sampai 59 bulan. Mahasiswa KKM dibagi kebeberapa POS Bian yang ada di desa kadudampit untuk membantu kegiatan tersebut.

Tahun 2022 kemenkes RI mencanangkan program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) untuk mengejar penelitian rutin yang menurun signifikan akibat pandemi covid 19. BIAN adalah pemberian tambahan campak rubela serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HBHib yang terlewatkan. Program ini diwujudkan sebagai upaya menutup pertahanan anak dengan melakukan hamonisasi kegiatan  tambahan (campak rubela) dan latihan kejar (OPV,IPV dan DPT-HBHib) dikutip dari instagram @kemenkes_ri , Program imunisasi anak nasional ini terbagi menjadi 2 tahap :

Tahap pertama imunisasi anak nasional diselenggarakan pada bulan mei 2022 adapun pelaksanaannya adalah pulau sumatra,kalimantan,sulawesi, NTT, Maluku dan papua dan tahap ke-2 imunisasi anak nasional dilaksanakan pada bulan agustus 2022 untuk wilayah sasaran pada program ini tahap kedua ini adalah pulau jawa dan provinsi bali.

Manfaat bian itu sendiri adalah bermanfat untuk mencegah kesakitan dan kecacatan akibat campak, polio,pertusis ( batuk rejan), rubela, difteri, hepatitis b, peneumonia (radang paru), meningitis (radang selaput otak).

Manfaat program bian ini juga terbukti dapat memberikan perlindungan bagi bayi dan balita dari berbagai macam bakteri jahat dan penyakit yang menyerang melalui teknik atau vaksin.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa kkm-pkm uniba mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program bian tersebut untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya kesehatan untuk ibu dan balita.

Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi mahasiswa dalam menjalankan salah satu program kkm-pkm dibidang kesehatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline