Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Personal Branding yang Harus Kamu Ketahui

Diperbarui: 23 Januari 2023   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pasti banyak dari kalian yang bertanya, apa sih manfaat personal branding? penting ga sih untuk kehidupan? emang harus banget ya personal branding itu? Personal branding bisa dikatakan sebagai cara kamu menunjukan kelebihan diri kamu ke publik, baik dari segi berbicara, karakter, maupun keahlian.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak berikut ini.

Apa itu personal branding

Personal branding adalah proses pembentukan kepribadian seseorang kepada publik berdasarkan apa yang ditunjukannya. Mudahnya begini, kamu nentuin nih apa yang mau kamu tunjukin ke orang-orang yang kemudian mereka akan menilai diri kamu. kalau kita udah ngomongin personal branding, pasti ga luput dari kata ciri khas. Maksudnya apa ya? ciri khas bisa mejadi salah satu inti proses personal branding. Tujuan personal branding itu sendiri untuk mengetahui keunikan atau ciri khas yang ada pada diri kamu. Ini bertujuan untuk mengendalikan reputasi yang ada dalam diri kamu. dengan membuat orang fokus pada kelebihan yang kita punya, kamu akan mendapat penilaian bagus dari mereka.

Tetapi, personal branding bukan berarti membuat kepribadian palsu yang ada pada diri kamu. Personal branding juga bisa dianggap sebagai progress untuk mencapai diri kamu ke versi yang lebih baik lagi. Tujuan personal branding untuk menampilkan kelebihan dan versi terbaik yang ada dalam diri kamu. Kamu harus terus mengasah kemampuan dan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kamu. 

Apa aja manfaat personal branding?

Personal branding bisa saja terbentuk secara sengaja maupun tidak sengaja untuk mencapai suatu tujuan, seperti pengakuan dari keahlian yang kita punya, atau mau dikenal sebagai orang yang mempunyai potensi lebih. lalu apa saja ya manfaat personal branding? yukk kita simak uraian berikut ini.

1. Membangun Relasi / koneksi

Personal branding tidak cuma bisa membantu membangun koneksi di bidang spesialisasi kamu saja, tetapi juga bisa di bidang lainnya. Ketika kamu berkonsisten untuk membangun reputasi, kamu bisa mendapat lebih banyak kesempatan di masa depan. Di era yang serba digital ini, kamu bisa memanfaatkan media sosial  untuk membangun relasi dan menambah teman baru atau kenalan tanpa batas. internet luas, dan banyak juga aplikasi medsos yang bisa kamu manfaatkan. seperti facebook, instagram, twitter dan lain lain. gunakanlah internet sebaik mungkin untuk menambah dunia pertemanan kamu.

2. Meningkatkan percaya diri

Personal branding juga bisa membuat kamu lebih percaya diri terhadap kemampuan yang kamu miliki. Kamu akan lebih termotivasi untuk mengasah keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki saat ini. Hal ini sangat efektik untuk membantu mengoptimalkan kamu meraih karier atau target yang kamu inginkan. Semakin sering kamu mengasah kemampuan yang ada pada diri kamu, maka akan semakin percaya diri kamu untuk menunjukan keunggulan yang kamu miliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline