Lihat ke Halaman Asli

Ari Priyanto

Mahasiswa

Apakah Servqual (Service Quality) Berperan Penting Bagi Bisnis UMKM Sektor Pariwisata?

Diperbarui: 15 Juni 2023   04:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh Ari Priyanto dan Meta Yoga Ariana (Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak)/dok pribadi

Oleh: Ari Priyanto dan Meta Yoga Ariana

UMKM Sektor Pariwisata

Definisi UMKM pariwisata yaitu, usaha yang terlibat dalam kegiatan ekonomi pariwisata dan memiliki karakteristik secara kuantitatif dalam hal ketenagakerjaan, dan secara kualitatif dalam hal struktur manajemen, fleksibilitas dalam produksi dan kemampuan untuk beroperasi dalam kelompok (Levy dan Powell, 2001).

Manajemen UMKM di sektor pariwisata yang tepat meliputi kertelibatan terhadap semua faktor, produk, layanan yang memberi citra berkualitas pada keseluruhan destinasi wisata. UMKM biasanya merumuskan suatu nilai tambah atau kelompok produk dan pemberian layanan, yang meningkatkan kepuasan wisatawan dan merangsang efek pengganda (multiplier effect) kegiatan pariwisata di tempat tujuan (Braun, 2002).

Di sektor pariwisata, usaha kecil dan menengah dianggap sebagai aktor penting disektor tersebut karena UMKM secara signifikan berkontribusi pada pengembangan daerah (Batta, 2016).

Kegiatan pariwisata dan kewirausahaan saling melengkapi satu sama lain, karena pengembangan pariwisata bergantung pada UMKM, sedangkan aktivitas UMKM juga memerlukan bantuan pariwisata untuk tumbuh dan bertahan. Hal ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa sektor pariwisata membantu menciptakan peluang bagi masyarakat setempat untuk memulai kegiatan bisnis, sementara sektor pariwisata bergantung pada kegiatan UKM untuk menyediakan kebutuhan dan keinginan wisatawan ( Jaafar,2014).

Pengalaman wisatawan bergantung pada kualitas layanan UMKM dan sektor pariwisata memiliki hubungan yang saling tergantung dan saling menguntungkan (Thomas, 2007). Hal dapat diartikan bahwa adanya hubungan yang saling membutuhkan antara UMKM dan pengembangan sektor pariwisata karena kegiatan UMKM dapat mendukung sektor pariwisata dalam hal memberikan layanan dan produk kepada wisatawan, dan sektor pariwisata dapat meningkatkan peluang bisnis untuk bisnis lokal dan masyarakat, oleh karena itu, pengembangan sektor pariwisata dan pertumbuhan UMKM saling terkait karena kegiatan bisnis mereka saling melengkapi (Jaafar, Khoshkham, Rashid, & Dahalan, 2014). UMKM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya saing destinasi karena mereka adalah sektor bisnis utama yang menyediakan produk dan layanan kepada wisatawan, misalnya, rumah makan, toko suvenir, agen perjalanan, dan akomodasi (Thomas, 2007).

Menurut Undang-Undang No. 9 Tahun1990 Tentang Kepariwisataan, pengertian wisatawan adalah orang yang melakukan kegiatan wisata, sedangkan pengertian wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan perjalanan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati objek dan daya tarik wisata. (Adam, 2018).

SERVQUAL (Service Quality)

Salah satu pendekatan kualitas pelayanan yang popular dijadikan acuan dalam riset pemasaran adalah model SERVQUAL (Service Quality) yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1996).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline