Lihat ke Halaman Asli

Ario Helmy

Guru Bahasa Inggris yang suka membaca dan menulis

[Obituari] Mengenang Sang Paman Jenaka, John C. Falch

Diperbarui: 14 Agustus 2019   01:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pribadi

Akhir bulan Agustus 2019 ini, para sahabat dan teman dekat John Christopher Falch di Jakarta mengadakan Memorial Service mengenang warganegara AS yang pernah tinggal di Indonesia selama 17 tahun dan wafat di kampung halamannya di Jacksonville, Florida, AS pada 25 Juli 2019 silam setelah menderita kanker otak selama 3 tahun. 

John Christopher yang lebih popular dengan nama panggilan "Uncle JC" pada mulanya datang ke Indonesia sekira tahun 1995 untuk mengajar Bahasa Inggris di Jakarta sebagai penutur asli. 

Selama tinggal di Indonesia masyarakat Indonesia kemudian bukan saja mengenalnya sebagai guru yang jenaka dan menyenangkan, namun juga sebagai penyiar radio berbahasa Inggris piawai dalam melontarkan lelucon dan ledekan yang dirindukan para pendengar setianya yang sedang terjebak dalam kemacetan "waktu sibuk" alias "rush hour" sepulang kerja. 

Juga, Uncle JC sempat meroket namanya di televisi, utamanya setelah ikut membintangi acara komedi politik terkenal, "Republik Mimpi" besutan Effendie Ghazali. Selanjutnya giliran video klip musik dan film layar lebar yang ikut dibintanginya. 

Singkatnya, banyak penggemar Uncle JC yang merasa terkejut mendengar berita berpulangnya sang sosok baik hati yang senantiasa berfikir positif ini.

DARI KAMPUNG KE HOLLYWOOD

Meski lahir di San Diego, California pada 21 Maret 1958, Uncle JC tumbuh besar di Jacksonville, sebuah kota kecil di negara bagian Florida. Tamat dari Nathan B.Forest High, dalam usia 19 tahun, John merantau ke Los Angeles untuk melanjutkan kuliahnya di University of California at Riverside, senyampang merintis karir di Hollywood. 

Dia sempat terlibat dalam beberapa produksi musikal Broadway seperti "The Chorus Line" dan "Annie" baik sebagai aktor maupun selaku petugas panggung di belakang layar. Dia jadi sering mondar-mandir ke New York City.

JC juga sempat ikutan "event organizer" bagi para artis besar diantaranya, Cher, Barbara Streisand dan Julio Iglesias. Di media televisi Uncle JC sempat pula terlibat dalam acara komedi, "Carol Burnett and Friends". Beberapa film layar lebar juga pernah dilakoninya seperti musikal "Annie" versi filmnya.

PINDAH KE MANILA

John sangat suka berkelana dan berpetualang. Jenuh dengan suasana Hollywood, dia kemudian langlang buana ke Manila sekira tahun 1980-an. Di sana takdir mempertemukannya dengan Ibu Negara Filipina kala itu, Imelda Marcos. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline