Lihat ke Halaman Asli

Dimas Wibisono

Akademisi di salah satu universitas di Riyadh, Arab Saudi

Pulang Kampung Paling Bingung

Diperbarui: 19 Desember 2020   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kontrak kerja saya di Arab Saudi akhirnya habis dan tidak dapat diperpanjang (lebih tepatnya universitas tempat saya bekerja tidak mau memperpanjang kontrak) karena faktor usia (diatas 60 tahun). Jadi saya harus segera pulang ke tanah air. 

Kurun waktunya sekitar merebaknya virus Covid-19. Yang jadi masalah: 1) setengah gaji saya selama 3 tahun belum dibayar dan 2) tidak ada pesawat komersial terbang antara Arab Saudi (Riyadh atau Jeddah) dan Indonesia (Jakarta). Sementara kalau harus bertahan di Arab Saudi hingga beberapa bulan sambil menunggu gaji dibayar penuh dan ketersediaan pesawat biayanya sangat mahal, terutama karena sudah tidak bekerja lagi.

Institusi di Arab Saudi ternyata sama sekali tidak mau bertanggung-jawab atas keterlambatan pembayaran gaji saya. Saya dibiarkan menunggu tanpa kepastian sampai 3 tahun bahkan lebih. Terakhir mereka berjanji akan membayar lunas 2 minggu setelah saya selesai 'clearance'. Buktinya sampai saya menulis artikel ini, 3 bulan setelah saya sampai di Indonesia, belum ada penyelesaian. 

Jelas sangat tidak 'fair' ketika saya harus membuat 'clearance' (menyelesaikan urusan administrasi dan lain-lain), tapi mereka tidak mau menyelesaikan urusan gaji saya. Tapi saya tidak punya pilihan, sisa gaji dibayar atau tidak saya dan keluarga tetap harus pulang ke tanah air. Persoalan selanjutnya bagaimana caranya pulang kampung, karena semua penerbangan komersial antar negara dibekukan akibat merebaknya virus Covid-19, sampai batas waktu yang belum diketahui.

Bulan Juni 2020 sama sekali tidak ada pesawat komersial menerbangi rute Riyadh-Jakarta atau sebaliknya. Kalau kita intip jadwal penerbangan Saudia atau Oman Air misalnya (langganan saya selama tinggal di Saudi), kosong. Awal Juli ada beberapa perusahaan penerbangan (Etihad, Emirates, dll) mengeluarkan jadwal terbang Riyadh-Jakarta pp. Tapi biasanya seminggu sebelum hari H jadwal itu lenyap. 

Artinya rencana terbang batal, begitu seterusnya. Teman saya sekeluarga yang akan bermigrasi ke Kanada, sudah membeli tiket salah satu maskapai negara Timur Tengah dan telah membayar lunas, jadwal terbangnya ditunda sampai 5 kali dan masih belum jelas apakah akan terbang pada hari yang dijanjikan. 

Akhirnya tiket itu dibatalkan, proses pengembalian uangnya paling cepat 2 bulan (bayangkan bagaimana kesalnya). Syukurlah, akhirnya mereka berhasil keluar dari Saudi menuju Kanada dengan pesawat Lufthansa, meskipun harus memperpanjang kontrak sewa apartemen sebulan lebih.

Saya sampai pada kesimpulan bahwa tidak ada pesawat komersial terjadwal yang bisa diandalkan untuk pulang ke Indonesia. Satu-satunya jalan harus ikut 'penerbangan repatriasi', biasanya menggunakan pesawat charter, dan ongkosnya pasti lebih tinggi. Saya pun mulai mencari info tentang Saudia, Garuda dan Lion Air yang melayani penerbangan repatriasi antara Riyadh-Jakarta atau Jeddah-Jakarta. Hanya ada beberapa penerbangan, rata-rata seminggu sekali, dan hampir semuanya sudah penuh. 

Kami harus mendaftar melalui whatsapp, kemudian membayar lunas, namun statusnya masih 'waiting list' dan tidak dapat dibatalkan. Kepastian berangkat bisa diberikan 2 hari sebelumnya, atau kurang, bisa dari Riyadh atau Jeddah yang terpisah jarak 1000 km. 

Sementara itu dalam kondisi negara sedang 'lockdown' perjalanan antar kota perlu ijin khusus yang juga perlu waktu untuk mengurusnya. Perlu diingat juga bahwa semua bus antar kota berhenti beroperasi, sehingga harus ada teman yang siap mengantar ke airport di Riyadh atau Jeddah. Bisa dibayangkan betapa repotnya kami untuk urusan pulang kampung kali ini.

Antara Saudia dan Garuda ada beberapa perbedaan prosedur yang membuat kami menjatuhkan pilihan ke Garuda. Pertama soal test swab (PCR), Saudia minta laporan hasil test PCR sebelum terbang, sedang Garuda tidak (test PCR dilaksanakan di Jakarta). Kedua, harga tiket Saudia lebih mahal (SAR3800 per orang) dibandingkan dengan Garuda (SAR2800). Sekedar catatan, harga tiket pesawat Riyadh-Jakarta pergi-pulang pada kondisi normal antara 2000-3000 riyal. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline